Agen Kapal di Batam Tak Patuhi Prokes Tidak Diberikan SIB

- Sabtu, 12 Juni 2021 | 12:31 WIB
IMG-20210612-WA0000
IMG-20210612-WA0000

Batam (HK) - Polsek Kawasan Pelabuhan Batam dan Polairud Polda Kepri melakukan sidak ke sejumlah pelabuhan yang aktif di Kota Batam, Jumat (11/6/2021).

Sidak itu dalam rangka pengecekan kapal komersil di pelabuhan-pelabuhan yang ada di Batam terkait penerapan protokol kesehatan (Prokes) mengantisipasi covid-19 di dalam kapal.

Kapal komersil yang dicek yakni di pelabuhan Harbourbay, pelabuhan Domestik Sekupang, pelabuhan Domestik Punggur, pelabuhan Roro Punggur dam Pelabuhan Internasional Batam Center.

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Batam, AKP Budi Hartono mengatakan tujuan dari sidak itu adalah untuk menegaskan kembali bahwa protokol kesehatan yang ada di pelabuhan untuk ditegakkan kembali dengan ketat.

Agar penyebaran Covid-19 dapat ditekan dan perekonomian tetap jalan dengan transportasi tetap jalan jadi harus seimbang.

"Semuanya harus peduli, baik itu penumpang maupun agen kapalnya kalau kita mengawasi dan menegur," ucap Hartono.

Dikatakan Hartono, dari sidak yang dilakukan, masih ditemukan adanya kapal di pelabuhan Domestik Punggur yang tidak memberikan tanda jarak pada kursi penumpang di dalam kapal.

Pada kesemparan tersebut, pihak agen kapal diminta untuk memberikan tanda jarak pada kursi penumpang di dalam kapalnya.

"Satgas Covid-19 di pelabuhan diminta untuk selalu mengawasi protokol kesehatan di pelabuhan," tuturnya.

Sementara itu, Dir Polairud Polda Kepri, Kombes Pol Gieuseppe Reinhard Gultom menegaskan, bahwa Surat Izin Berlayar (SIB) tidak akan dikasih oleh Syahbandar jika ditemukan tidak sesuai prokes.

"Kita sarankan kepada KSOP atau Syahbandar jika ditemukan kapal yang tidak sesuai protokol kesehatan untuk tidak diberikan SIB. Kalau perlu kami amankan jika kami temukan di tengah laut, pilih yang mana," ujarnya. (dam)

Editor: fery haluan

Terkini

Capaian Vaksinasi Tinggi, Jokowi Apresiasi Batam

Kamis, 23 September 2021 | 12:25 WIB

Rutan Batam Yakinkan Zero HP dan Barang Lainnya

Selasa, 21 September 2021 | 13:46 WIB

Gubernur Kepri Tawarkan Potensi Wisata Alif Stone Natuna

Selasa, 21 September 2021 | 09:54 WIB

Gubernur Kepri: MUI Mitra Strategis Pemerintah

Sabtu, 18 September 2021 | 17:48 WIB
X