Hotel Harmoni Batam Tutup, Gubernur Kepri Gesa Pemerintah Pusat Terkait Diskresi Travel Bubble

- Sabtu, 12 Februari 2022 | 13:08 WIB
Gubernur Kepri, Ansar Ahmad saat mengunjungi Hotel Harmoni Batam. (istimewa)
Gubernur Kepri, Ansar Ahmad saat mengunjungi Hotel Harmoni Batam. (istimewa)

Batam (HK) - Gubernur Kepri, H. Ansar Ahmad, mendatangi Hotel Harmoni yang berada di kawasan Sei Jodoh, Batam, Jumat (11/2).

Kunjungan itu setelah Ansar mendapat informasi dari Kepala Dinas Pariwisata Kepri Buralimar, terkait akan ditutupnya Hotel Harmoni Batam sebagai salah satu hotel legendaris yang sudah 30 tahun hadir dan turut andil besar dalam dunia pariwisata di Kepri.

Hotel ini kerap menjadi tempat menginap Ansar saat masih menjabat sebagai Bupati Bintan.

Baca Juga: Wagub Kepri Raih Penghargaan Top Women Leader Government

Saat kunjungan itu, selain menyampaikan rasa prihatinnya atas nasib 130 karyawan hotel yang terancam PHK, Ansar langsung menyusun beberapa langkah upaya pencegahan sebagai bentuk antisipasi terjadinya penutupan hotel-hotel lainnya terutama yang berada di tengah kota.

"Terus terang saya merasa sedih. Ada 130 karyawan yang terancam kehilangan pekerjaan. Saya sudah membuat beberapa langkah upaya antisipasi yang akan disampaikan ke pemerintah pusat, yakni usulan diskresi travel bubble di Kepri," tuturnya.

Gubernur Ansar menjelaskan, sehubungan kondisi penutupan hotel, dirinya meminta pemerintah pusat untuk membuat diskresi dalam hal kemudahan bagi wisman yang datang dari Singapura untuk diperluas juga bagi non-Singaporean seperti ekspatriat yang tinggal di Singapura. Pertimbangannya wisatawan dari kalangan tersebut cukup besar potensinya.

Baca Juga: PSG Kalahkan Rennes di Ujung Laga

Selain itu, lanjut Gubernur, Pemprov Kepri akan meminta pemerintah pusat memperluas pilot projek travel bubble yang tidak hanya sebatas Bintan dan Nongsa saja , serta mengaktifkan secara timbal balik jalur VTL (Vaccinated Travel Lane) atau jalur laut ke Kepri bagi wisman yang sudah divaksin.

"Ada beberapa usulan lainnya yang akan saya sampaikan ke pemerintah pusat, dan saya sudah minta Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Pak Buralimar agar segera menyusun usulan-usulan Kepri sebagai bentuk perjuangan kita mencegah pengangguran yang lebih besar lagi dan membangkitkan sektor pariwisata kita," jelas Ansar.

Saat bertemu pemilik dan karyawan Hotel Harmoni, Gubernur juga tampak memberikan motivasi dan berharap agar sebagian besar karyawan bisa ditampung di hotel grup Harmoni lainnya.

Baca Juga: Ramuan Teh Ini Bantu Redakan Batuk dan Sakit Tenggorokan

Gubernur Ansar bahkan sempat mencoba meminta tenggat waktu untuk mengundur agak satu bulan penutupan hotel sembari mencari investor baru. Saat meninjau kondisi hotel Harmoni tersebut, Ansar juga membawa serta beberapa investor.

Gubernur Ansar meminta pemilik hotel Harmoni dan hotel lainnya untuk terus berupaya seiring dengan upaya keras yang dilakukan Pemerintah Provinsi Kepri untuk membangkitkan lagi sektor pariwisata.

Halaman:

Editor: Feri Heryanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mau Cek Emas Asli atau Palsu? Bisa Pakai Ini

Sabtu, 29 Oktober 2022 | 06:30 WIB

Mulai Hari Ini Tarif Ojol Naik, Berikut Besarannya

Sabtu, 10 September 2022 | 08:16 WIB

Ingat! Tarif Ojol Naik per Sabtu, 10 September 2022

Jumat, 9 September 2022 | 08:26 WIB

Masyararakat Menjerit Akibat Harga Telur Naik Tinggi

Kamis, 25 Agustus 2022 | 09:12 WIB

Apa Penyebab Mahalnya Harga Tiket Pesawat?

Minggu, 7 Agustus 2022 | 08:27 WIB

Bagaimana Cara Menjual Uang Kuno ke Kolektor?

Senin, 1 Agustus 2022 | 08:37 WIB
X