Kemendag: Harga Wajar Minyak Goreng Kemasan Rp19.000-Rp25.000 per Liter

- Senin, 21 Maret 2022 | 13:04 WIB
(internet)
(internet)

Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengungkap wajar harga minyak goreng kemasan.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Oke Nurwan mengatakan, tingkat wajar harga keekonomian minyak goreng kemasan berkisar Rp 19.000- Rp25.000 per liter dan berlaku untuk semua jenis merek.

"Rata-ratanya memang segitu. Sehingga jika ada yang menjual di kisaran harga tersebut, masih wajar. Karena harga minyak goreng sekarang mengikuti harga keekonomian pasar," kata Oke Nurwan, Senin (21/3/2022).

Baca Juga: Mau Beli Rumah? Perhatikan 5 Hal Ini

"Saya perkirakan harga wajarnya di tingkat Rp 19.000-25.000 per liter, dari curah sampai premium. Kalau misalnya di pasaran ada jual di atas itu, risikonya nggak akan dibeli sama masyarakat," lanjutnya.

Oke menjelaskan, harga keekonomian itu adanya gabungan biaya membeli minyak sawit mentah/CPO, biaya produksi, dan tak terkecuali merek. Dengan demikian, harga minyak goreng di pasaran akan berbeda satu dengan yang lainnya.

"Pada dasarnya itu. Kan harga keekonomian itu harga pasar. Pasar itu terdiri dari suplay dan demand. Artinya walaupun pasokan banyak tapi kalau permintaannya sedikit kan beda. Jadi harga sekarang ini murni harga pasar. Tiap merek harganya beda-beda," jelasnya.

Baca Juga: Liga Prancis: Monaco Hajar PSG 3-0

Jadi, sambung Oke, jika saat ini masyarakat menemukan harga minyak goreng beraneka ragam, itu karena pihak produsen sedang mengambil hati masyarakat. Berkompetisi dengan merek-merek lainnya.

Halaman:

Editor: Feri Heryanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

SKK Migas dan KKKS Dukung Kemajuan Produk Lokal

Selasa, 7 Juni 2022 | 22:14 WIB

Mendag Beri Sinyal Harga Bahan Pokok Naik Lagi

Senin, 18 April 2022 | 13:17 WIB
X