Pengaruh Bahasa Orang Tua Terhadap Komunikasi Anak

- Senin, 1 Agustus 2022 | 19:00 WIB
Yustika Sari, Mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia FITK ,UIN SU, Medan. (istimewa)
Yustika Sari, Mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia FITK ,UIN SU, Medan. (istimewa)

Oleh: Yustika Sari, Mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia FITK ,UIN SU, Medan

Bahasa adalah alat komunikasi manusia. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) bahasa adalah sistem lambang bunyi yang arbitrer, yang digunakan oleh anggota suatu masyarakat untuk bekerja sama, berinteraksi, dan mengidentifikasikan diri.

Bahasa dari bahasa Sanskerta bahasa ialah kapasitas khusus yang ada pada manusia untuk dapat memperoleh serta menggunakan sistem komunikasi yang kompleks, serta sebuah bahasa adalah contoh spesifik dari sistem tersebut. Bahasa menjadi alat komunikasi manusia dalam berinteraksi, karena fungsi utama bahasa adalah sebagai alat komunikasi antar manusia.

Bahasa sangat melekat terhadap manusia, tanpa bahasa manusia sulit untuk berinteraksi. Bahasa merupakan kemampuan untuk menggunakan semua keterampilan berbahasa manusia untuk berekspresi, dari cara berbahasa juga kita dapat menilai atau mengenali karakter seseorang. Secara tidak langsung bahasa dapat mencerminkan diri seseorang melalui caranya dalam menggunakan sebuah bahasa.

Pemerolehan bahasa adalah proses dimana manusia memperoleh kemampuan untuk memahami bahasa, serta menghasilkan atau menggunakan kata-kata dan kalimat untuk berkomunikasi.

Salah satu aspek penting dalam perkembangan anak adalah aspek perkembangan bahasa. Anak memperoleh bahasa pertama kali berasal dari kedua orang tuanya. Peran orang tua sangat penting dalam kemampuan anak dalam berbahasa. Orang tua merupakan lingkungan sosial dan sumber bahasa pertama bagi anak di awal kehidupannya.

Komunikasi antara orang tua dan anak dapat mempengaruhi perkembangan bahasa dan perilaku anak. Oleh sebab itu, diharapkan agar orang tua untuk dapat menstimulasi anak untuk berkomunikasi dan memproduksi bahasa.

Bahasa yang digunakan orang tua dapat menjadi indikator penting bagi pengembangan bahasa anak, karena anak akan belajar dari apa yang ia lihat dan ia dengar. Keterampilan berbahasa telah terbukti dipengaruhi oleh peluang yang diberikan orang tua untuk pengalaman bahasa melalui interaksi anak dengan orang tua.

Orang tua sebagai pendidik di rumah sudah semestinya memberikan contoh yang baik kepada anak-anaknya dengan memilih dan menggunakan bahasa yang baik pula. Selain menjadi contoh kepada anak orang tua juga dapat berbicara dengan bahasa yang anak pahami, tunjukkan sikap positif terhadap anak baik lewat lisan atau pun perbuatan, dan menjaga komunikasi yang baik dengan anak.

Menurut Yusuf (2004: 120-122), ada beberapa faktor yang mempengaruhi perkembangan bahasa anak yang salah satunya adalah faktor hubungan keluarga. Kedekatan anak dengan orang tua atau keluarga sangat menentukan kualitas perkembangan bahasa anak.

Ketika keluarga memberikan kasih sayang yang cukup dan anak merasa senang atau nyaman dalam lingkungan tersebut, maka komunikasi akan sering terjalin dan anak akan mencapai kelancaran berbahasa lebih cepat. Sebaliknya, jika hubungan anak dan orang tua atau keluarga kurang dekat atau kurang sehat, maka anak akan sering mengalami problem seperti lambat bicaranya, gagap, kata-katanya tidak jelas, serta malu atau bahkan takut untuk berkomunikasi meskipun itu dengan keluarga sendiri.

Anak melatih keterampilan bahasa dan komunikasi secara langsung dari ibu dan ayahnya. Dengan demikian, perkembangan yang dialami anak bukan saja pada aspek bahasa tetapi juga berbagai macam perilaku yang mengiringi bahasa dalam berkomunikasi.

Orang tua harus mengajarkan untuk menggunakan bahasa yang baik saat berkomunikasi sedari dini. Seperti membiasakan untuk mengatakan kata terima kasih saat mendapatkan bantuan ataupun pemberian dari orang lain, menggunakan kata maaf ketika melakukan sesuatu yang salah baik yang disengaja ataupun tidak dan menggunakan kata tolong saat meminta bantuan dari orang lain.

Halaman:

Editor: Feri Heryanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengaruh Bahasa Orang Tua Terhadap Komunikasi Anak

Senin, 1 Agustus 2022 | 19:00 WIB

Sastra dan Perkembangan Masa Kini

Senin, 25 Juli 2022 | 19:24 WIB

Lebaran di Kepala

Selasa, 26 April 2022 | 15:44 WIB

Memperingati Hari Ibu: Quo Vadis Emansipasi

Kamis, 23 Desember 2021 | 10:09 WIB

12 Jembatan Keledai Aksi Panggung Vokalis

Minggu, 19 Desember 2021 | 06:28 WIB

Fauzi Bahar Datuak Nan Sati Pimpin LKAAM Sumbar

Sabtu, 18 Desember 2021 | 07:39 WIB

Awet

Selasa, 30 November 2021 | 14:37 WIB

Merantau

Sabtu, 11 September 2021 | 21:30 WIB

Mut

Rabu, 21 Juli 2021 | 15:03 WIB

Komitmen

Senin, 8 Februari 2021 | 09:29 WIB

Menanti Cinta dalam Ta'aruf

Kamis, 9 Juli 2020 | 16:41 WIB

Talbiyah Mak Ijah

Selasa, 28 April 2020 | 17:29 WIB

Ego Sampai Kapan?

Minggu, 26 April 2020 | 10:05 WIB

Puisi yang Disempurnakan

Sabtu, 11 April 2020 | 09:09 WIB

Rindu Ibuku adalah Rinduku

Kamis, 9 April 2020 | 19:05 WIB
X