BP Batam Gelar Workshop Business Model Canvas

- Jumat, 24 Februari 2023 | 16:47 WIB
(istimewa)
(istimewa)

Badan Pengusahaan (BP) Batam melalui Direktorat Peningkatan Kinerja dan Manajemen Resiko melaksanakan Workshop Business Model Canvas (BMC) pada Rabu (22/2/2023).
Kegiatan ini diselenggarakan di Hotel Aston yang diikuti oleh unit-unit kerja Badan Usaha BP Batam. Kegiatan berlangsung selama dua hari, yakni 22 s.d. 23 Februari 2023.

Direktur Peningkatan Kinerja dan Manajemen Resiko, Asep Lili Holillulloh menyampaikan business model canvas ini merupakan kerangka kerja untuk mendefinisikan suatu model bisnis. Business model yang berbentuk kanvas ini, disusun untuk menjelaskan, menilai, dan mengubah model bisnis agar menghasilkan kinerja yang lebih optimal pada unit usaha di BP Batam.

Hal ini sejalan dengan komitmen Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, untuk mewujudkan pengelolaan bisnis usaha BP Batam yang berkualitas, akuntabel dan efisien.


“Langkah tersebut merupakan upaya Kepala BP Batam, Muhammad Rudi dalam meningkatkan strategis bisnis usaha BP Batam untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ungkap Asep.

Lebih lanjut, ia menyampaikan akhir tahun 2022, pihaknya telah melaksanakan workshop business plan. Menurutnya, business plan ini berfungsi untuk menyusun strategi dalam berbagai aspek dalam menjalankan bisnis namun membutuhkan kajian dan dokumen yang cukup banyak. Sedangkan, business model canvas ini dapat mempermudah memetakan strategis bisnis yang ada dalam bentuk canvas yang sederhana, menyeluruh, dan lengkap.

“Pentingnya kegiatan ini untuk meningkatkan wawasan dan kompetensi Badan Usaha dalam pelaksanaan, penyusunan mengenai pengembangan bisnis untuk hal-halnya bersifat pengembangan layanan dan usaha. Business model canvas ini sangat efektif dalam pengambilan keputusan bagi unit usaha” tambahnya.

Ia berharap kegiatan ini dapat menambah pengetahuan unit-unit usaha di BP Batam dalam membuat kerangka suatu model bisnis yang baik.


Untuk membantu peserta menyusun model bisnis yang baik dan bener, kegiatan ini menghadirkan dua trainer dari FEI Training dan Management Consulting yakni Asep Saefulbachri Ramli dan Asep Toto Kartaman.

Asep Saefulbachri mempresentasikan business model canvas, 9 elemen BMC dan cara membuat serta menerapkan BMC sekaligus menganalisis SWOT. Sedangkan Asep Toto mempresentasikan cara membuat dan menerapkan BMC, serta aspek keuangan dan struktur biaya. (r)

 

Editor: Feri Heryanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kloter 7 Embarkasi Batam Telah di Arab Saudi

Minggu, 28 Mei 2023 | 07:55 WIB

BP Batam Gelar Workshop Service Excellent

Minggu, 28 Mei 2023 | 07:31 WIB
X