Pengangkutan Sampah di Kecamatan Sagulung Batam Belum Maksimal

- Rabu, 1 September 2021 | 15:08 WIB
(dedi/haluankepri.com)
(dedi/haluankepri.com)

Batam (HK) - Lambatnya pengangkut sampah di Kecamatan Sagulung kerap dikeluhkan warga di kawasan itu. Sampah yang seharusnya diangkut 2 kali dalam seminggu, sekarang hanya 1 kali.

"Biasanya seminggu sampah akan diangkut 2 kali. Sekarang, kok menjadi 1 kali dalam seminggu," ucap Jhonson, salah seorang warga Sagulung.

Menanggapi keluhan warga tersebut, Jamil, Kasi Trantib Kecamatan Sagulung mengakui adanya keterlambatan angkutan sampah. Hal tersebut karena jumlah bin sampah di Tempat Pembuangan Sampah (TPS) kurang memadai. Selain bin kontainer kurang, mobil pick up pun ada yang rusak, begitu juga becak motor.

Jamil mengatakan, sejak 2019 lalu, jumlah bin kontainer sampah yang tersedia di TPS sangat berkurang. Hingga kini, total bin kontainer sampah yang tersedia hanya sekitar 11 unit saja. Padahal untuk idealnya bin kontainer sampah harus ada sebanyak 25 unit.

"Perlu juga diketahui, hari ke hari, volume sampah semakin banyak di wilayah Sagulung. Hal itu karena adanya penambahan perumahan baru ataupun kavling," ucapnya, Rabu (1/9/2021).

Selanjutnya, Jamil pun menuturkan, bahwa armada yang dimiliki Kecamatan Sagulung masih jauh dibawah standart. Untuk angkutan pick up ada sebanyak 14 unit, tapi yang layak operasi sebanyak 7 unit. Sedangkan becak ada 9 unit, yang rusak ada 4 unit.

"Sebenarnya, jumlah pick up yang normal harus ada sekitar 20-an unit, tapi nyatanya yang layak operasi 7 unit. Sedangkan untuk truk, kita tidak punya," ulasnya kembali.

Melihat adanya masalah ini, Jamil berharap supaya Kecamatan dan Dinas Lingkungan Hidup(DLH) Kota Batam bersinergi, sehingga masalah sampah di Sagulung bisa teratasi.

"Kenyataan di lapangan, petugas kebersihan harus menunggu lama untuk membuang sampah ke bin kontainer, sebab bin kontainer itu selalu penuh. Bahkan 1 angkutan harus beroperasi double karena kekurangan armada," tegasnya. (ded)

Halaman:

Editor: Feri Heryanto

Tags

Terkini

Pekerjaan Proyek Infrastruktur di Batam Digesa

Jumat, 13 Mei 2022 | 07:47 WIB
X