Gubernur Kepri Minta Perkuat Ekonomi Desa-desa di Kepri

- Kamis, 2 September 2021 | 15:17 WIB
(humaspemprovkepri.com)
(humaspemprovkepri.com)

Tanjungpinang (HK) - Gubernur Kepri, H Ansar Ahmad menegaskan bahwa, desa-desa di Kepri harus terus diperkuat dari banyak sektor. Desa, tak hanya diperkuat dari aspek sosial saja tapi juga dari sisi aspek ekonominya. Karena ini harus dalam kerangka memperkuat Kesatuan Republik Indonesia.

"BUMDes harus kita optimalkan karena merupakan sesuatu kekuatan yang sesuai dengan Nawacita Presiden RI 'membangun dari daerah-daerah pinggiran'," ujar Gubernur Ansar pada Rakor Pembahasan dan Persiapan Pengukuhan Tim Terpadu Percepatan Kemandirian Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) bersama Provinsi Kepri Tahun 2021 di Ruang Rapat Utama lantai 4 Kantor Gubernur Dompak, Tanjungpinang, Kamis (2/9).

Menurut Ansar Ahmad, BUMDes merupakan Badan Usaha di Desa yang dibentuk secara bersama dengan pola partisipasi masyarakat dalam rangka mengoptimalkan semua potensi ekonomi yang ada di desa. Ketika berhasil dan menjadi profesional maka BUMDes akan menjadi andalan masyarakat untuk percepatan pengembangan ekonomi desa.

Dari materi yang disajikan, Gubernur Ansar yang juga sebagai mentor mengapresiasi hasil akhir Kadis PMD Dukcapil Sardison dalam rancangan proyek perubahan, tentunya menyambut baik dan nantinya akan dijadikan rumor yang berkaitan dengan percepatan pengembangan BUMDes di Provinsi Kepulauan Riau.

Tidak itu saja, Gubernur Ansar juga meminta kedepan BUMDes-BUMDes sesuai dengan program proyek perubahan akan terus melakukan optimalisasi dari sisi potensi bidang usaha yang dikembangkan.

"Dengan managerial, ini merupakan hulu dan hilir nya keberhasilan suatu Badan Usaha baik dari sisi perencanaan, organisasian, pembagian tugas sampai ke supervisi dan evaluasi," pinta Gubernur Kepri.

Selanjutnya, Ansar Ahmad mengatakan akan mendorong fasilitas dan dukungan modal usaha untuk mengelola potensi ekonomi Desa, sebagai dukungan dengan perkuat porsi BUMDes itu sendiri. Tentu Pemprovakan bantu sesuai dengan kemampuan APBD, karena Desa perlu juga permodalan.

Selain itu, Gubernur Kepri menyebutkan akan memberikan dukungan akses aktivitas pasar. Di Kepri pasar sangat cukup potensial baik itu pasar pariwisata, pasar kuliner atau produk-produk dari hasil BUMDes seperti pertanian dan laut.

"Kita juga akan membina mereka bagaimana teknik memasarkan produk-produk yang dikembangkan. Ini bentuk dukungan dari Pemprov melalui start of Kepri dalam rangka mempromosikan dengan memberikan ruang-ruang publik untuk BUMDes mengakses hasilnya," terangnya lagi.

Halaman:

Editor: Feri Heryanto

Tags

Terkini

Program Kepri Terang Terus Digesa

Jumat, 15 Oktober 2021 | 14:22 WIB

Kesebelas Kalinya Kepri Raih Penghargaan APE

Rabu, 13 Oktober 2021 | 18:55 WIB

Adi Prihantara Calon Kuat Sekdaprov Kepri

Selasa, 12 Oktober 2021 | 10:36 WIB

Wagub Kepri Hadiri Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Jumat, 1 Oktober 2021 | 20:54 WIB
X