Gubernur Kepri Dorong Pengembangan Rumput Laut di Karimun

- Selasa, 7 September 2021 | 13:21 WIB
(humaspemprovkepri)
(humaspemprovkepri)

Karimun (HK) - Gubernur Kepri, H. Ansar Ahmad mendorong pengembangan budidaya rumput laut di Kabupaten Karimun.

"Kepri sebagai provinsi kepulauan, membutuhkan usaha-usaha khususnya dalam optimalisasi hasil laut di perairan Kepri," ujar Ansar Ahmad saat panen rumput laut Kelompok Pembudidaya Rumput Laut di Pulau Jaga, Kecamatan Moro, Kabupaten Karimun, Selasa (7/9).

Menurut Gubernur Kepri, selama ini sebagian besar dari lebih kurang 200 ribu rumah tangga nelayan di Kepri, kegiatannya menjadi nelayan tangkap. Selain itu sebagian nelayan melakukan kegiatan budidaya, baik ikan maupun komoditi yang lain.

Baca Juga: Aniaya Pegawai Bea Cukai Batam, Lelaki Ini Diringkus Polisi

"Alhamdulillah di Dusun Jaga maupun beberapa dusun yang lain, masyarakat sudah mengembangkan budidaya rumput laut. Akan tetapi fluktuasinya naik turun. Saat ini kita akan bangkit kembali untuk pengembangan budidaya rumput laut," Ansar Ahmad lagi.

Diketahui, pada Minggu lalu, Gubernur Kepri bersama Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kepri bertemu Menteri Kelautan dan Perikanan di Jakarta untuk berdiskusi banyak hal terkait pemanfaatan potensi kelautan.

"Dalam waktu dekat, Pak Menteri akan berkunjung ke Kepri untuk meninjau pemanfaatan yang ada saat ini. Saya juga sudah meminta DKP untuk memetakan wilayah-wilayah di Kepri yang cocok untuk pengembangan budidaya rumput laut ini," ungkapnya.

Baca Juga: KPK Panggil Mantan Wakil Bupati Bintan. Ada Apa?

Ansar Ahmad menyampaikan, Kecamatan Moro sebagai salah satu sentra budidaya rumput laut, akan dipetakan kembali berapa luas yang bisa dimanfaatkan. Dengan hasil yang baik dan semangat nelayan yang tinggi, sentra ini akan diperluas dan perbesar.

Halaman:

Editor: Feri Heryanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Karimun Berbenah Diri di Tengah Pandemi

Kamis, 14 Oktober 2021 | 15:44 WIB

Terpopuler

X