Fraksi Hanura DPRD Batam Dorong Pembentukan Perda Perlindungan Konsumen

- Selasa, 7 September 2021 | 16:33 WIB
Ketua Fraksi Hanura DPRD Kota Batam, Utusan Sarumaha. (damri/haluankepri.com)
Ketua Fraksi Hanura DPRD Kota Batam, Utusan Sarumaha. (damri/haluankepri.com)

Batam (HK) - Fraksi Hanura DPRD Kota Batam bakal mendorong pembentukan Peraturan Daerah (Perda) perlindungan konsumen, guna untuk mengantisipasi terjadinya permasalahan antara konsumen dengan pengembang atau developer.

"Kita mendorong agar kedepannya ada Perda untuk melindungi konsumen di Kota Batam," ucap Ketua Fraksi Hanura DPRD Kota Batam, Utusan Sarumaha, Selasa (7/9/2021).

Disampaikan Utusan, Perda tersebut didalamnya akan mengatur agar para pengembang atau developer di Batam tidak boleh memasarkannya terlebih dahulu sebelum adanya fisik bangunan terwujud.

Baca Juga: Anggota DPRD Batam Minta PT Oxley Selesaikan Hak Konsumen yang Telah Melakukan Pembayaran

Terkait rencana Perda itu dia akan melakukak kajian dan melakukan konsultasi dengan anggota fraksi Hanura DPRD Kota Batam, agar ini menjadi salah satu Perda yang diinisiatif oleh DPRD Batam nantinya.

"Karena kalau fisik bangunan belum terwujud, maka bisa saja pengembang atau developer menjual bangunan tapi tidak ditanah yang dia miliki atau diatas lahan yang illegal," ujar anggota komisi I DPRD Kota Batam itu.

Oleh sebab itu, pihaknya berharap kedepannya benar-benar ada perlindungan konsumen di Batam ini. Pihaknya mendukung investasi dan perusahaan-perusahaan dari luar yang mau menanamkan modal di Batam.

Baca Juga: Pembangunan Apartemen Oxley Convention City Mangkrak, Konsumen Mengadu ke DPRD Batam

Tapi dibalik itu, Pemerintah daerah tidak boleh ceroboh. Pemko Batam, DPRD Kota Batam dan Badan Pengusahaan (BP) Batam tentunya harus memberikan perlindungan kepada masyarakat.

"Jangan sampai masyarakat dirugikan, yaitu dalam konteks kewajiban sudah terpenuhi, tapi haknya tidak dibayarkan. Seperti saat ini yang terjadi antara konsumen apartemen Oxley Convention City yang beralamat di Sei Panas," jelasnya.

Halaman:

Editor: Feri Heryanto

Tags

Terkini

Pekerjaan Proyek Infrastruktur di Batam Digesa

Jumat, 13 Mei 2022 | 07:47 WIB

Warga Nantikan Air Mancur di Jalan Bundaran

Rabu, 11 Mei 2022 | 06:12 WIB

Gedung SPC Batam Dikelola oleh BP Batam

Rabu, 4 Mei 2022 | 09:37 WIB

HM Rudi Komitmen Cegah Korupsi di BP Batam

Rabu, 4 Mei 2022 | 09:19 WIB
X