Pandai Berkata-kata, Pria di Karimun Ini Perdaya Korban Hingga Serahkan Uang

- Jumat, 10 September 2021 | 19:04 WIB
Tersangka penipuan (baju oranye) mampu menipu korban dengan keahliannya dalam bertutur kata. (Ilham Sijori)
Tersangka penipuan (baju oranye) mampu menipu korban dengan keahliannya dalam bertutur kata. (Ilham Sijori)

KARIMUN (HK)-Bahari (41) warga Sawang, Kecamatan Kundur Barat ini memiliki keahlian dalam bertutur kata. Kendati mengaku tidak memiliki ilmu hipnotis, namun setiap kalimat yang terlontar dari mulutnya mampu memperdaya lawan bicaranya.

Sayangnya, kepandaian Bahari dalam berkata-kata ini digunakan untuk kejahatan. Bahkan, tak sedikit yang sudah menjadi korbannya.

Hanya saja, Polisi baru mendapatkan laporan dari satu orang korban atas nama Nazaruddin yang mengalami kerugian sebanyak Rp650 ribu.

Sementara, barang bukti yang disita polisi dari tangan pelaku hasil kejahatannya dalam memperdaya korbannya sebesar Rp5.838.000.

Kasat Reskrim Polres Karimun, AKP Arsyad Riyandi saat konferensi pers, Jumat (10/9/2021) mengatakan, modus operandi yang dilakukan tersangka adalah dengan mencari calon korban yang berusia lanjut.

Baca Juga: 2 Kali Dipenjara, Si Mulut Manis Asal Karimun Ini Kembali Perdaya Orang

Ketika tersangka sudah menemukan calon korban, maka dia langsung akan mendekati kemudian mengajaknya ngobrol layaknya orang yang sudah lama kenal.

"Tersangka ini berkomunikasi seolah-olah mengenal korbannya. Dia kemudian pura-pura akrab dengan mengajak calon korban ngobrol sambail ngopi. Jika komunikasi sudah lancar, maka tersangka mulai melakukan tipu daya kepada calon korbannya," ujar Arsyad Riyandi.

Dikatakan, modus terakhir dari tersangka adalah dengan pura-pura membeli handphone di sebuah konter. Kemudian dia bertemu Nazaruddin dan mengajaknya ngobrol. Tersangka kemudian meminjam uang sebesar Rp700 ribu dengan alasan untuk membeli handphone. Namun, korban hanya memiliki uang Rp650 ribu.

Halaman:

Editor: Ilham Sijori

Terkini

Karimun Berbenah Diri di Tengah Pandemi

Kamis, 14 Oktober 2021 | 15:44 WIB
X