Mengadu ke DPRD Batam, Warga Keluhkan Adanya Biaya Penyimpanan BPKB di Leasing

- Kamis, 7 Oktober 2021 | 18:51 WIB
 Anggota Komisi I DPRD Kota Batam, Utusan Sarumaha. (damri/haluankepri.com)
Anggota Komisi I DPRD Kota Batam, Utusan Sarumaha. (damri/haluankepri.com)

Batam (HK) - Anggota Komisi I DPRD Kota Batam, Utusan Sarumaha mengatakan, saat ini banyak warga yang mengadu kepada pihaknya terkait adanya biaya penyimpanan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) di sejumalah leasing yang ada di Batam.

Jika nasabah telat mengambil BPKB kendaraannya, maka dibebankan biaya penyimpanan BPKB tersebut dan biayanya dihitung perhari. Bahkan ada masyarakat yang mengadu kepadanya biaya penyimpanan BPKB nya mencapai Rp2,5 juta dalam waktu 4 tahun.

Baca Juga: Bapemperda DPRD Batam Targetkan Revisi Perda Ketertiban Umum Rampung Akhir Oktober

"Belum lagi jika nasabah mempunyai tunggakan denda angsuran yang harus dilunasi untuk mendapat BPKB kendaraannya," ucap Utusan kepada haluankepri.com saat dijumpai di kantornya, Kamis, 7 Oktober 2021.

Padahal kata Utusan, antara nasabah dan leasing itu adalah hubungan simbiosis mutualisme. Dimana konsumen memberikan keuntungan kepada leasing, sementara leasing memberikan fasilitas kepada konsumen.

Seharusnya antara nasabah dan leasing itu kerjasamanya yang baik. Pihak leasing orientasinya jangan hanya untung semata, tanpa memperhatikan kemampuan dari konsumen.

Baca Juga: Pengusaha Rental Adukan Leasing kepada DPRD Batam. Ini Sebabnya

Kalau pun itu sudah ada dalam perjanjian awal, tapi hal seperti itu waktu awal perjanjian kalau banyak komentar dari calon konsumen maka dia akan ditolak pengajuannya, sementara calon konsumen membutuhkan kendaraan untuk beraktifitas sehari-hari.

"Karena kan leasing punya hak prerogatif dan istimewa diterima atau tidak pengajuan dari calon nasabah itu. Sehingga waktu posisi itu, mau tidak mau masyarakat mengikuti apa yang diinginkan oleh leasing," ujar Utusan.

Halaman:

Editor: Feri Heryanto

Tags

Terkini

Kapal Malaysia Terbakar di PT Bandar Abadi Batam

Kamis, 25 November 2021 | 14:42 WIB

Oyong Wahyudi Terpilih Jadi Ketua DPC Ikadin Batam

Sabtu, 20 November 2021 | 20:04 WIB

Kasus Covid-19 di Batam Sisa Tiga Orang Lagi

Kamis, 18 November 2021 | 14:24 WIB

Warga Batam Diminta Memanfaatkan Bank Sampah

Rabu, 17 November 2021 | 19:05 WIB
X