Vaksinasi untuk Lansia di Kepri Digesa

- Rabu, 27 Oktober 2021 | 10:18 WIB
Gubernur Kepri, Ansar Ahmad (tengah) saat memimpin rakor percepatan vaksinasi untuk lansia. (haluankepri.com)
Gubernur Kepri, Ansar Ahmad (tengah) saat memimpin rakor percepatan vaksinasi untuk lansia. (haluankepri.com)

Tanjungpinang (HK) - Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), H. Ansar Ahmad mendorong seluruh kepala daerah di Kepri untuk menggesa vaksinasi bagi lansia. Hal ini dikarenakan penilaian levelisasi covid-19 di daerah turut memasukkan komponen capaian vaksinasi lansia.

"Sesuai instruksi dari pemerintah pusat agar dapat turun ke level yang lebih rendah maka capaian vaksinasi lansia harus mencapai minimal enam puluh persen. Karena memang kerentanan lansia itu lebih tinggi jadi masuk dalam komponen asesmen levelisasi," ucap Ansar Ahmad saat memimpin rapat koordinasi vaksinasi Kepri dari Gedung Daerah, Tanjungpinang, Selasa, 26 Oktober 2021.

Baca Juga: M Fatah Jenuh Jadi Lucinta Luna

Pada rapat yang dihadiri seluruh Bupati dan Walikota serta Forkompimda Kepri tersebut, Gubernur menjelaskan bila mendasari pada komponen asesmen sebelumnya yaitu transmisi komunitas dan kapasitas respon, maka, seluruh daerah di Kepri sudah sangat memadai untuk turun ke level I. Namun karena adanya komponen asesmen tambahan maka perlu dilakukan percepatan vaksinasi lansia.

Baca Juga: Pantai Padang Dibersihkan dari Para Pemalak

Asesmen levelisasi daerah akan dilakukan pada 7 November. Artinya sebelum 6 November daerah sudah harus mencapai syarat vaksinasi lansia yang ditentukan.

Berdasarkan data dari dashboard Kementerian Kesehatan, saat ini vaksinasi lansia di Kepulauan Riau baru mencapai angka 52.68 persen. Untuk mengejar capain vaksinasi lansia di angka 60 persen, maka Provinsi Kepri harus melakukan vaksinasi pada sedikitnya 6,832 orang lansia.

Baca Juga: Judi Online di Perumahan Mewah Batam Dibongkar Polisi

Adapun dua daerah di Kepri yang sudah melampaui capaian minimal untuk vaksinasi lansia yaitu Batam dan Tanjungpinang masing-masing di angka 61.28 persen dan 75.39 persen. Beberapa kabupaten lain yang masih cukup rendah yaitu Bintan 38.80 persen, Lingga 37.67 persen, dan Karimun 37.28 persen. Sementara Natuna dan Anambas sudah mencapai 50.20 persen dan 41.38 persen.

Halaman:

Editor: Feri Heryanto

Tags

Terkini

Soal Musda, Ini Penjelasan LAM Kota Tanjungpinang

Rabu, 19 Januari 2022 | 20:24 WIB

Propam Polres Tanjungpinang Gelar Giat Opsgaktibplin

Kamis, 13 Januari 2022 | 08:48 WIB

Disdik Tanjungpinang Akan Bagikan Seragam Sekolah Gratis

Selasa, 28 Desember 2021 | 19:36 WIB

BKKBN Gelar Sarasehan Hasil PK 21 Kepri 2021

Jumat, 17 Desember 2021 | 13:48 WIB
X