Jelang Tahun Baru 2022, Ribuan PMI di Malaysia Bakal Dipulangkan via Batam

- Senin, 1 November 2021 | 19:03 WIB
Kepala KKP Batam dr. Achmad Farchanny bersama Kepala Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam Ismoyo dan Kepala Bea dan Cukai Batam Ambang Priyonggo saat diwawancara awak media. (damri/haluankepri.com)
Kepala KKP Batam dr. Achmad Farchanny bersama Kepala Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam Ismoyo dan Kepala Bea dan Cukai Batam Ambang Priyonggo saat diwawancara awak media. (damri/haluankepri.com)

Batam (HK) - Menjelang awal 2022, ribuan Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Malaysia bakal dipulangkan ke tanah air melalui Kota Batam. Hal itu program rekalibrasi (pengaturan ulang) oleh Pemerintah Malaysia.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Batam dr. Achmad Farchanny didampingi Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam Ismoyo saat acara coffe morning CIQP di kantor Imigrasi Batam, Senin 1 November 2021.

Baca Juga: Aura Kasih Mengaku Tak Butuh Lagi Pengakuan. Ada Apa?

"Saat ini PMI di Malaysia yang akan pulang lewat Batam sedang antri disana dan setiap hari jumlahnya meningkat, untuk total banyak pastinya saya belum dapat datanya dari Kedutaan Besar Republik Indonesia di Malaysia, namun infonya ribuan PMI," ucap Farchanny.

Baca Juga: Naik Pesawat Jawa-Bali Cukup Tes Antigen

Dikatakan Farchanny, PMI yang datang ke Indonesia melalui Batam seluruhnya dikarantina yang difasilitasi oleh Pemerintah. Penanggulangan PMI itu sudah dilaksanakan sejak awal pandemi Covid-19.

Untuk prosedurnya makin lama makin ketat, maka dari itu untuk pesiapan pemulangan pada menjelang tahun baru 2022 ini pihaknya melakukan koordinasi. bahkan yang ketat saat ini bukanya untuk pelaku perjalanan internasional, namun juga untuk domestik diperketat pengawasannya.

Baca Juga: Berikut HP yang Tak Bisa Menggunakan WhatsApp Per 1 November

"Maka dari itu kita bersama dengan Imigrasi Batam, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan, dan Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Batam melakukan koordiansi untuk pemulangan PMI tersebut, agar dalam penanganannya lebih baik lagi," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Feri Heryanto

Tags

Terkini

Damac Group Dubai Bakal Bangun Data Center di Batam

Jumat, 14 Januari 2022 | 11:49 WIB

Wagub Kepri Serahkan Bantuan Minyak Goreng

Jumat, 14 Januari 2022 | 08:02 WIB

Kantor DPRD Batam Terbakar

Selasa, 11 Januari 2022 | 14:28 WIB
X