Lisa Yulia, Pengusaha Muda Berdarah Minang Nakhodai Basiba Sumbar Kepri

- Rabu, 17 November 2021 | 10:29 WIB
Lisa Yulia menandatangi pengukuhan Komunitas Basiba Sumbar Kepri disaksikan Wakil Gubernur Kepri Marlin Agustina. (istimewa)
Lisa Yulia menandatangi pengukuhan Komunitas Basiba Sumbar Kepri disaksikan Wakil Gubernur Kepri Marlin Agustina. (istimewa)

Komunitas Basiba Sumatera Barat, Kepulauan Riau resmi dilantik, Minggu (14/11) kemarin. Komunitas bergaung kebudayaan Minang di Bumi Segantang lada ini dipimpin oleh seorang pengusaha muda, Lisa Yulia.

Pada kesempatan itu, Lisa Yulia selaku Ketua Komunitas Basiba Kepri ini mengungkapkan, rasa terima kasihnya atas kepercayaan orang-orang tua di Komunitas Basiba yang telah memberikannya kepercayaan untuk berkiprah melestarikan kebudayaannya.

“Terima kasih kepada bundo Hj Betty Asmery, Titi Ramayati dan bundo-bundo Basiba Kepri lainnya yang telah mempercayakan kami menjadi ketua Basiba Kepri untuk melestarikan budaya minangkabau di Kepri. Semoga bisa memberikan kontribusi luar biasa bagi masyarakat,” ungkap Lisa.

Ketua Komunitas Basiba Sumbar Kepri, Lisa Yulia, bersama Ketua Komunitas Basiba Kepri cabang Tanjungpinang, Guspendi Eri menandatangai pengukuhan. (istimewa)

Wanita yang dikenal lemah lembut ini pun menerangkan, Komunitas Basiba sendiri dibentuk dengan latar belakang merawat dan melestarikan budaya baju Basiba di Kepri. Baju Basiba sendiri merupakan baju kurung wanita khas Minangkabau dengan beragam-macam ciri khas Tingkuluak di kepala.

Ia menyebutkan melalui komunitas ini, diharapkan menjadi fasilitas untuk menciptakan pengusaha baru di bidang UMKM khususnya di sektor kebudayaan. Karena menurutnya, ada begitu banyak permintaan untuk baju Basiba ini. Termasuk juga Tingkuluak, tas, dan aksesoris lainnya yang banyak diminati.

“Dengan terbentuknya komunitas ini, diharapkan bisa membantu UMKM yang ada di Kepri dan Sumbar. InsyaAllah kita akan buka pelatihan UMKM secara gratis,” ujarnya.

Ia menambahkan baju adat selalu memiliki daya tarik bagi wisatawan mancanegara (wisman). Di tengah semangat memulihkan ekonomi dari sektor pariwisata, komunitas Basiba ini dapat menjadi salah satu pendorong untuk menarik wisman ke Batam, Kepri khususnya.

“Jadi ini merupakan kesempatan perempuan minang untuk bersatu melestarikan budaya dan menjadi motivasi di berbagai bidang,” tambahnya.

Halaman:

Editor: Feri Heryanto

Tags

Terkini

130 CPNS di Batam Terima SK Pengangkatan

Selasa, 30 November 2021 | 15:00 WIB

Ides Madri Dilantik Jadi Ketua Kosgoro 1957 Batam

Senin, 29 November 2021 | 14:46 WIB

Amsakar Achmad Dilantik Jadi Ketua KAHMI Batam

Minggu, 28 November 2021 | 21:08 WIB

Kapal Malaysia Terbakar di PT Bandar Abadi Batam

Kamis, 25 November 2021 | 14:42 WIB

Oyong Wahyudi Terpilih Jadi Ketua DPC Ikadin Batam

Sabtu, 20 November 2021 | 20:04 WIB

Kasus Covid-19 di Batam Sisa Tiga Orang Lagi

Kamis, 18 November 2021 | 14:24 WIB

Warga Batam Diminta Memanfaatkan Bank Sampah

Rabu, 17 November 2021 | 19:05 WIB
X