Pemkab Karimun Inisiasi Pembentukan Kampung ABANG_KAN Sebagai Salah Satu Inovasi Daerah

- Senin, 29 November 2021 | 09:00 WIB
Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim bersama Kepala Dinas Perikanan Ahmadi saat launching Kampung Perikanan Terpadu ABANG_KAN. (Dok, Dinas Perikanan Karimun)
Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim bersama Kepala Dinas Perikanan Ahmadi saat launching Kampung Perikanan Terpadu ABANG_KAN. (Dok, Dinas Perikanan Karimun)

 

KARIMUN (HK)-Pemerintah Kabupaten Karimun di saat pandemi Covid-19 sedang menggalakkan pembentukan dan pengembangan kampung perikanan terpadu.

Upaya itu untuk mendukung terobosan atau program prioritas Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang digaungkan Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono.

Yakni pembangunan kampung-kampung perikanan berbasis kearifan lokal, dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi perikanan.

Ssalah satu kawasan potensial yang memiliki daya dukung dan daya tampung untuk dikembangkan adalah Desa Keban, Rawa Jaya, Niur Permai dan Sugie di Kecamatan Sugi Besar.

Tiga desa tersebut dinilai sebagai salah satu kawasan yang memiliki prospek usaha budidaya komoditi bernilai ekonomis tinggi dan memiliki nilai kultural bagi masyarakat seperti rumput laut, kerapu cantang, dan kakap putih.

Untuk menginisiasi pembentukan kampung perikanan tersebut, maka Pemkab Karimun melalui Dinas Perikanan telah melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) guna mendapat dukungan dan masukan terkait langkah-langkah pembentukannya dari stakeholders.

Kemudian melaunching program Kampung Perikanan Terpadu ABANG_KAN (Arah memBANGun periKANan) oleh Wakil Bupati Karimun sebagai salah satu inovasi daerah dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim menyampaikan, terpadu itu dimaksudkan adanya sinergi yang terarah dalam mengintevensi program pembangunan di kawasan atau kampung perikanan, baik sinergi antar OPD maupun sinergi dengan Pemerintah Desa dan pihak swasta.

Dikatakan, program pembangunan kampung perikanan ini diharapkan mendapat dukungan atau integrasi program dari Pemerintah Provinsi maupun KKP sehingga pembangunan perikanan di Kabupaten Karimun dapat lebih optimal.

Sekaligus dapat menjadi katalisator keberhasilan pembangunan ekonomi daerah dengan menciptakan ketahanan pangan dan kesejahteraan, peningkatan akses pasar produk perikanan terutama export oriented, peningkatan kesempatan kerja di desa, serta terjadinya peningkatan kontribusi terhadap PDRB (Produk Domesik Regional Bruto).

Di samping itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Karimun Muhammad Firmansyah mengatakan, kawasan tersebut memang memiliki potensi dan daya dukung untuk usaha perikanan serta dekat dengan pusat pemasaran (Batam dan Singapura).

Oleh sebab itu, kawasan tersebut perlu dikelola secara optimal dengan pengembangan model bisnis yang relevan dengan potensi wilayahnya.

Halaman:

Editor: Ilham Sijori

Tags

Terkini

1 Warga Karimun Probable Omicron Covid-19

Kamis, 27 Januari 2022 | 15:24 WIB

Inilah Capaian Kinerja Kejari Karimun Selama 2021

Rabu, 12 Januari 2022 | 19:49 WIB

179 Siswa SDN 003 Karimun Ikuti Vaksinasi Lanal TBK

Selasa, 4 Januari 2022 | 21:21 WIB
X