Selama 2021, KUA Teluk Bintan Catat Pernikahan 76 Pasang, 6 Diantaranya di Bawah Umur

- Jumat, 31 Desember 2021 | 16:01 WIB
Mulyadi, S.Ag, Kepala KUA Teluk Bintan. (haluankepri.com)
Mulyadi, S.Ag, Kepala KUA Teluk Bintan. (haluankepri.com)

Bintan (HK) - Selama 2021, Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Teluk Bintan, Kabupaten Bintan mencatat peristiwa pernikahan sebanyak 76 pasang dengan 6 pasang diantaranya pernikahan di bawah umur.

Mulyadi, S.Ag, Kepala KUA Teluk Bintan dalam keterangan persnya, Jumat, 31 Desember 2021, menyampaikan, jumlah pernikahan ini cenderung menurun selama 2 tahun masa pandemi ini.

Dikatakannya, pada 2020 terdapat 80 peristiwa nikah dan 1 pencatatan nikah perdasarkan itsbat (Penetapan Pengadilan) dan tahun ini menurun 5%.

Baca Juga: Siapa Artis CA yang Diduga Terjerat Kasus Prostitusi?

Mulyadi menjelaskan, jika dilihat angka peristiwa nikah di wilayah Kabupaten Bintan, Kecamatan Teluk Bintan berada pada urutan ke-6, dengan angka 7,4 % dari jumlah peristiwa nikah se-Kabupaten Bintan yang rata-rata diatas 1000 pasang per tahunnya.

"Wilayah Teluk Bintan sendiri terdiri dari 1 kelurahan dan 6 desa. Selaras dengan pertumbuhan penduduk, jumlah pernikahan tertinggi yaitu di Desa Bintan Buyu, yaitu sebanyak 21 Peristiwa dan terendah Desa Pulau Pangkil sebanyak 3 Peristiwa," terangnya.

Mulyadi, melanjutkan, saat ini kesadaran hukum masyarakat sudah cukup tinggi. Dia mengatakan, selama dua tahun bertugas, dirinya tidak mendapat laporan adanya kasus pelanggaran ketentuan pernikahan seperti nikah siri ataupun nikah dibawah umur yang tidak mendapat dispensasi pengadilan.

Baca Juga: Bupati dan FKPD Ikuti Bintan Jogging Day Sambil Pungut Sampah

Hal tersebut, tuturnya, didukung dengan adanya kebijakan Pemerintah Daerah untuk menertibkan administrasi kependudukan dan kemudahan layanan mayarakat.

Halaman:

Editor: Feri Heryanto

Tags

Terkini

LKPK Bintan Berbagi Takjil Kepada Pengguna Jalan

Sabtu, 16 April 2022 | 13:11 WIB

Dinkes Bintan Siap Permudah P-IRT Bagi UMKM

Senin, 21 Februari 2022 | 19:39 WIB
X