Abdullah, Mitra Binaan PT Timah Sukses Beternak Ribuan Ayam Potong

- Jumat, 7 Januari 2022 | 18:08 WIB
Abdullah, peternak ayam mitra binaan PT Timah tbk (Humas PT Timah Tbk)
Abdullah, peternak ayam mitra binaan PT Timah tbk (Humas PT Timah Tbk)

KARIMUN (HK)-Abdullah (48) salah satu mitra binaan PT Timah Tbk yang memiliki usaha peternakan ayam, turut merasakan dampak dari pandemi Covid-19 karena menurunnya daya beli masyarakat.

Usaha yang mereka jalani selama 12 tahun silam ini mengalami jatuh bangun, terutama terkait permodalan. Hal itulah yang membuat mereka berusaha keras, agar tetap bisa mengembangkan usahanya.

Upaya suami istri untuk mendapatkan modal berbuah manis, mereka menerima informasi terkait adanya program Pendanaan Usaha Mikro Kecil (PUMK). Akhirnya, mereka memanfaatkan program ini untuk mengembangkan usahanya dengan menambah jumlah bibit ayam.

“Tahun 2019 ini saya mulai menjadi mitra binaan PT Timah Tbk, ini saya gunakan untuk membeli bibit ayam. Dari awalnya bibit saya ratusan sekarang sudah ribuan bibit untuk dibesarkan” kata Abdullah, Kamis, 6 Januari 2022.

Saat ini, Abdulah masih memanfaatkan pinjam dana bergulir yang kedua kali karena ingin menambah jumlah bibit dan menambah kandang ayam. Tahun lalu dirinya baru memiliki dua kandang dengan kapasitas 2000 bibit ayam.

“Saya mau nambah kandang ketiga, dimana saat ini daya beli masyarakat mulai membaik.Sekarang bibit ayam yang ada di kandang masih sekitar seribu bibit, karena bibit kita dari luar daerah serta memerlukan waktu dalam pengiriman. Alhamdulillah untuk saat ini ayam yang siap jual sudah habis,” katanya.

Ribuan ayam milik Abdullah, mitra binaan PT Timah Tbk (Humas PT Timah Tbk)

Menurutnya, mereka telah memiliki market untuk memasarkan ayam-ayamnya,apalagi kegiatan masyarakat sudah mulai berangsur normal kembali seperti hajat pernikahan,sunatan dan lain lainnya. saat ini pun permintaan masyarakat dan kebutuhan ayam mulai meningkat. Pihaknya kembali optimis pasar akan kembali pulih melihat daya beli masyarakat yang mulai membaik. Oleh karenanya, Ia berani untuk menambah kandang kembali.

“Dengan adanya permodalan dari PT Timah Tbk kita bisa berkembang dan memenuhi permintaan konsumen, makin lama permintaan semakin meningkat. Namun kemarin memang saat pandemi Covid-19 kemari memang kita mengalami kendala, sampai kita mengurangi pengiriman bibit,” ceritanya.

Halaman:

Editor: Ilham Sijori

Tags

Terkini

Wabup Karimun Wisuda 460 Santri dari 35 TPQ

Minggu, 17 April 2022 | 16:47 WIB
X