Kerennya Bintan Dasa Bina Desa Unggulan Program Gerbang Kampung

- Jumat, 28 Januari 2022 | 19:05 WIB
Kepala Dinas PMD Bintan, Ronny Kartika. (istimewa)
Kepala Dinas PMD Bintan, Ronny Kartika. (istimewa)

Program Gerakan Membangun Kampung atau Gerbang Kampung di Bintan menjadi salah satu program prioritas dan sangat menarik perhatian.

Tahun ini, setiap RW akan mendapatkan kucuran dana Rp50 Juta untuk melaksanakan basis kesejahteraan.

Dalam paparan yang disampaikan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bintan, ada 10 program 'Bina' yang digagas. Mulai dari kampung bina sehat, bina infrastruktur, bini ekonomi, bina pertanian, bina pariwisata, bina perikanan, bina aman damai, bina budaya dan olahraga, bina religi hingga bina kesejahteraan keluarga.

(istimewa)

Konsep tersebut disebut Dasa Bina Desa (Dasa = sepuluh dalam bahasa sansekerta) atau sepuluh program pembinaan Desa.

Kepala Dinas PMD Bintan, Ronny Kartika mengatakan, kesepuluh elemen pembinaan tersebut berlandaskan azas peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Dasarnya kesejahteraan. Kebutuhan setiap lokasi berbeda, potensinya pun beragam. Andil dari masyarakat lah yang kita harap dapat menggali semua potensi yang ada dan memenuhi semua kebutuhan umumnya. Intinya Pemerintah Daerah selalu siap dan hadir dalam memberi pendampingan dan pembinaan," ujar Ronny.

(istimewa)

Ronny mengungkapkan, sesuai pesan dari Plt. Bupati Bintan, program ini harus benar-benar diberdayakan yang tujuan akhirnya berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat.

Halaman:

Editor: Feri Heryanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

LKPK Bintan Berbagi Takjil Kepada Pengguna Jalan

Sabtu, 16 April 2022 | 13:11 WIB

Dinkes Bintan Siap Permudah P-IRT Bagi UMKM

Senin, 21 Februari 2022 | 19:39 WIB
X