KSOP Karimun Kampanye Keselamatan Pelayaran, Penyerahan Pas Kecil dan Life Jacket

- Kamis, 17 Februari 2022 | 16:56 WIB
Kepala KSOP Kelas I Tanjungbalai Karimun Jon Kenedi serahkan pas kecil ke nelayan.  (Ilham Sijori)
Kepala KSOP Kelas I Tanjungbalai Karimun Jon Kenedi serahkan pas kecil ke nelayan. (Ilham Sijori)

KARIMUN (HK)-Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Tanjungbalai Karimun melaksanakan kampanye keselamatan pelayaran kepada seluruh stakeholder bidang kelautan dan pelabuhan.

Kampanye keselamatan pelayaran itu juga disejalankan dengan penyerahan pas kecil dan pembagian life jacket di lapangan tenis komplek Syahbandar Karimun, Teluk Air, Kamis, 17 Februari 2022.

"Hari ini kami menyerahkan buku pas kecil kepada nelayan yang memiliki kapal di bawah 7 GT dan juga membagikan 1.500 life jacket kepada nelayan," ujar Kepala KSOP Kelas I Tanjungbalai Karimun, Jon Kenedi.

Kata Jon Kenedi, sejak 2021 hingga saat ini, KSOP Kelas I Tanjungbalai Karimun telah menerbitkan sekitar 1.024 dokumen pas kecil.

Jon meminta kepada pemilik kapal yang belum memiliki pas kecil agar segera mengurusnya ke KSOP. Jika pemilik kapal kesulitan untuk datang, maka pihaknya tak segan-segan untuk menjemput bola.

"Kami akan rangkul nelayan untuk mengurus pas kecil. Kami akan datang menjemput bola ke nelayan yang lokasinya jauh dan itu akan kami lakukan secara bertahap," sebutnya.

Nelayan penerima bantuan pinjaman lunak dan asuransi bersama KSOP dan pimpinan instansi maritim. (Ilham Sijori)

Sementara, pembagian alat keselamatan meliputi life jacket dan life bouy untuk pemilik kapal sebanyak 1.500 buah.

"Pembagian alat keselamatan meliputi life jacket dan life bouy merupakan bantuan dari pelaku usaha maritim yakni INSA dan ISA, perusahaan pelayaran, BUP, pengelola Tersus/TUKS dan pemilik kapal di Karimun," terang Jon.

Menurutnya, dengan memiliki pas kecil ini para nelayan memiliki kekuatan hukum untuk kepemilikan kapal.

Halaman:

Editor: Ilham Sijori

Tags

Terkini

Wabup Karimun Wisuda 460 Santri dari 35 TPQ

Minggu, 17 April 2022 | 16:47 WIB
X