BWI Bintan Dilantik, Kakanwil Kemenag Kepri: Mari Jaga Tanah Wakaf Agar Bermanfaat

- Rabu, 23 Februari 2022 | 09:00 WIB
Kakan Kemenag Provinsi Kepri, Dr. H. Mahbub Daryanto saat menghadiri Pelantikan Pengurus Perwakilan BWI Kabupaten Bintan, Selasa, 22 Februari 2022 di Bintan Buyu.  (istimewa)
Kakan Kemenag Provinsi Kepri, Dr. H. Mahbub Daryanto saat menghadiri Pelantikan Pengurus Perwakilan BWI Kabupaten Bintan, Selasa, 22 Februari 2022 di Bintan Buyu. (istimewa)

Bintan (HK) - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Provinsi Kepri, Dr. H. Mahbub Daryanto menghadiri sekaligus memberikan arahan pada Pelantikan Pengurus Perwakilan BWI Kabupaten Bintan, Selasa, 22 Februari 2022 di Bintan Buyu.

Kakanwil mengatakan Badan Wakaf Indonesia (BWI) adalah lembaga negara independen yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 tentang Wakaf.

Badan ini dibentuk dalam rangka mengembangkan dan memajukan perwakafan di Indonesia. Badan wakaf indonesia membentuk perwakilan BWI Provinsi dan perwakilan BWI kab/kota.

Baca Juga: Alasan Punya Penyakit Komorbid, Ribuan Warga Lansia di Bekasi Tolak Divaksin

Tugas dan wewenang perwakilan BWI Provinsi dan kab/kota tertuang dalam peraturan BWI Nomor 2 Tahun 2012 tentang perwakilan BWI.

Peran BWI dalam mengembangkan dan memajukan perwakafan disini adalah untuk menjaga agar wakaf tersebut tetap bertahan, dan terus berkembang sehingga bermanfaat bagi mauquf alaih sesuai keinginan wakif.

"Banyak kita lihat tanah wakaf yang kemudian tidak dikelola oleh nazhir. Benar bahwa nazhir menjaga tanah wakaf, tapi jika tidak dikelola itu juga harus jadi perhatian kita," ucapnya.

Baca Juga: BMKG Minta Masyarakat Waspada, Cuaca Ekstrem Berpotensi Hingga Maret-April

"Wakaf yang diserahkan wakif bermanfaat dan efek pahala sampai kepada wakif. Itulah makna wakaf tahan pokoknya, alirkan manfaatnya. Kami berharap peranan Perwakilan BWI Bintan untuk pembinaan kepada nazhir agar mengelola dan mengembangkan harta benda wakaf dapat dilakukan sebaik-baiknya dan kemudian melakukan evaluasi terhadap nazhir jika memang tidak sanggup, dicarilah orang yang benar bisa mengelola," tambahnya lagi.

Dalam pengamanan aset wakaf, kata Kakanwil Kementerian Agama bekerja sama dengan Kementerian ATR/BPN dalam percepatan sertifikasi tanah wakaf.

Halaman:

Editor: Feri Heryanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

LKPK Bintan Berbagi Takjil Kepada Pengguna Jalan

Sabtu, 16 April 2022 | 13:11 WIB

Dinkes Bintan Siap Permudah P-IRT Bagi UMKM

Senin, 21 Februari 2022 | 19:39 WIB
X