Plt Bupati Bintan Sambut Hadirnya Rumah Restorative Justice

- Kamis, 17 Maret 2022 | 09:59 WIB
Plt Bupati Bintan, Roby Kurniawan dan Kepala Kejaksaan Negeri Bintan, I Wayan Riana saat berkunjung ke Pulau Penyengat, Rabu (16/3/2022). (istimewa)
Plt Bupati Bintan, Roby Kurniawan dan Kepala Kejaksaan Negeri Bintan, I Wayan Riana saat berkunjung ke Pulau Penyengat, Rabu (16/3/2022). (istimewa)

Bintan (HK) - Plt Bupati Bintan, Roby Kurniawan dan Kepala Kejaksaan Negeri Bintan, I Wayan Riana melakukan kunjungan ke Pulau Penyengat untuk menghadiri launching Rumah Restorative Justice (RJ), Rabu (16/3/2022).

Roby dan Kajari Bintan bahkan sempat berkongsi becak motor menuju Balai Adat Penyengat.

Launching Rumah RJ ini dilakukan secara virtual bersama Kajagung RI Prof. Dr. ST. Burhanuddin, SH, MM, MH dan 9 Kejaksaan Tinggi serta 30 Kejaksaan Negeri se Indonesia.

Baca Juga: Harga Emas Antam Naik Tipis di 17 Maret 2022, Ini Daftarnya

Rumah RJ ini dimaksudkan sebagai upaya memudahkan penyelesaian perkara di luar jalur hukum dan lebih mengedepankan mediasi atau musyawarah antara pelaku dan korban.
Rumah RJ juga melibatkan Tokoh Masyarakat setempat yang tetap menjunjung kearifan lokal.

"Ini terobosan yang luar biasa. Masyarakat bisa nyaman dan tenang dalam menyelesaikan beragam masalah yang masih bisa diselesaikan dengan mediasi berazaskan hati nurani," ungkap Roby ketika ditanyai seusai acara.

Bersama Kajari Bintan, Roby yakin masyarakat akan mendapatkan pelayanan serta pendampingan hukum yang tujuan akhirnya dapat menciptakan keharmonisan.

Baca Juga: Gempa Jepang, Kemlu RI: Tak Ada WNI Korban Tewas

Hakikat dari Rumah RJ ini adalah menjunjung tinggi kedamaian dan tidak mengedepankan sanksi hukum. Seperti kasus yang sempat viral satu pekan lalu, seorang pencuri sepeda motor yang ternyata terdesak dengan biaya istri yang akan melahirkan.

Halaman:

Editor: Feri Heryanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

LKPK Bintan Berbagi Takjil Kepada Pengguna Jalan

Sabtu, 16 April 2022 | 13:11 WIB

Dinkes Bintan Siap Permudah P-IRT Bagi UMKM

Senin, 21 Februari 2022 | 19:39 WIB
X