Jaga Kelestarian, PT Timah Lepaskan Ratusan Bibit Kepiting Bakau di Pulau Kundur

- Kamis, 24 Maret 2022 | 19:01 WIB
PT Timah Tbk melepas bibit kepiting bakau. (Ilham Sijori)
PT Timah Tbk melepas bibit kepiting bakau. (Ilham Sijori)

KARIMUN (HK)-Untuk menjaga kelestarian kepiting bakau dan memperbanyak populasinya, PT Timah Tbk melalui Unit Produksi Kundur melepaskan 600 ekor bibit kepiting bakau di salah satu Pulau di Karimun, Kamis, 24 Maret 2022.

Pelepasan ratusan ekor Bibit Kepiting ini turut dihadiri oleh perwakilan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Kepala Bidang K3LH PT Timah Tbk, Adam Darmawan, Kepala Unit Produksi Kundur Ari Wibowo, Kepala Unit Metalurgi Kundur Nono Budi Priono, Zulfikar selaku Kepala Bidang K3LH PT Timah Unit Kundur serta karyawan PT Timah.

Restocking kepiting ini sebagai upaya perusahaan untuk menjaga keseimbangan lingkungan dan ekosistem laut. Selain itu, nantinya diharapkan akan memberikan manfaat bagi masyarakat.

Inspektur Tambang Ahli Muda Sub Koordinator Perlindungan Lingkungan Kementerian ESDM, Tiyas Nurcahyani menyampaikan, PT Timah sebagai perusahaan pertambangan timah telah konsisten melakukan kegiatan reklamasi laut Penanam mangrove dan juga kegiatan pelepasan ratusan bibit kepiting.

“Pelepasan ratusan bibit kepiting ini juga merupakan salah satu cara restorasi alam, yang mana nanti nya akan berdampak baik untuk masyarakat. Apabila ratusan bibit kepiting yang kita lepas saat ini bisa berkembang biak secara alami, maka kedepan populasi kepiting bisa terjaga dan masyarakat dapat merasakan dampaknya,” katanya.

Menurutnya, program ini sejalan dengan Kementerian ESDM yang untuk melakukan restorasi lingkungan. Ia berharap, kegiatan ini dapat dilakukan secara berkelanjutan dan bisa terus ditingkatkan.

“Semoga program seperti ini bisa dicontoh oleh perusahaan yang lain. Kita berharap ini bukan hanya kepiting bakau saja, tapi juga lebih beragam jenisnya,” jelasnya.

Program pelepasan bibit kepiting ini diharapkan nantinya dapat memberikan dampak kepada masyarakat dan nelayan, pasalnya kepiting bakau cukup diminati masyarakat serta memiliki prospek ekonomi yang menjanjikan. (ham)

Editor: Ilham Sijori

Tags

Terkini

Rezi Dharmawan Jabat Kasi Intelijen Kejari Karimun

Rabu, 3 Agustus 2022 | 16:25 WIB
X