96 PNS Ikuti Asesmen Kompetensi Pemetaan Jabatan, Berikut Arahan Kakanwil Kemenag Kepri

- Selasa, 12 April 2022 | 13:15 WIB
Kakanwil Kemenag Kepri, H. Mahbub Daryanto, (istimewa)
Kakanwil Kemenag Kepri, H. Mahbub Daryanto, (istimewa)

Batam (HK) - Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kepri, H. Mahbub Daryanto membuka kegiatan asesmen kompetensi pemetaan jabatan di lingkungan Kanwil Kemenag Kepri, Senin, 11 April 2022 di Golden View Batam.

Dalam kesempatan itu, Kakanwil mengatakan, sesuai amanat Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN pengembangan karir PNS dilakukan sesuai dengan kualifikasi, kompetensi, penilaian kinerja, dan kebutuhan instansi pemerintah, serta dilakukan dengan mempertimbangkan integritas dan moralitas.

Dalam pasal 54 PP 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS dinyatakan bahwa salah satu persyaratan dalam pengangkatan jabatan administrasi dan jabatan fungsional bagi ASN diantaranya memiliki kompetensi teknis, kompetensi manajerial, dan kompetensi sosial kultural dan sesuai standar kompetensi yang menjadi bahan pertimbangan tim Baperjakat sepanjang belum terbentuknya tim penilai kerja PNS Kementerian Agama.

Baca Juga: Jangan Lupa! Perempatfinal Liga Champions 2021-2022 Malam Ini: Chelsea vs Real Madrid, Bayern Munich vs Villar

Asesmen kompetensi pada Kementerian Agama dilakukan dalam rangka pengembangan karir yang merupakan bagian dari manajemen karir PNS dengan menerapkan prinsip sistem merit.

Sistem merit merupakan kebijakan dan manajemen ASN yang berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi, dan kinerja secara adil dan wajar dengan tanpa membedakan latar belakang politik, ras, warna kulit, agama, asal usul, jenis kelamin, status pernikahan, umur, atau kondisi kecatatan.

“Seorang PNS harus memiliki kompetensi manajerial, sosial, kultural, dan teknis sesuai standar kompetensi jabatan. Kompetensi adalah kemampuan dan karakteristik yang dimiliki oleh individu PNS berupa pengetahuan, keterampilan dan sikap perilaku,” kata Mahbub.

Baca Juga: Sejarah! Laga Liga Jerman Dihentikan Sejenak Saat Pesepakbola Muslim Buka Puasa

Kompetensi manajerial berkaitan dengan bagaimana seorang PNS mengelola unit organisasi.

Halaman:

Editor: Feri Heryanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BP Batam Gelar Diseminasi Gandeng Kemendag RI

Jumat, 5 Agustus 2022 | 19:06 WIB
X