Jelang Idul Adha, Stok Hewan Kurban di Batam Menipis

- Jumat, 20 Mei 2022 | 14:52 WIB
(internet)
(internet)

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Batam, Mardanis mengaku, stok sapi dan kambing di Kota Batam semakin menipis.

Hal ini lantaran berhentinya suplai kambing dan sapi dari Lampung ke Kota Batam. Mengingat adanya temuan kasus penyakit mulut dan kuku (PMK).

“Hewan kambing dan sapi itu biasanya dari Lampung, lewat Jambi, Kuala Tungkal baru ke Batam. Nah di Jambi itu ada edaran dari karantina tidak boleh mengeluarkan sapi transit di Jambi lantaran di Lampung sudah ada temuan kasus,” katanya.

Baca Juga: Wabah PMK Berdampak pada Harga Hewan Kurban di Batam

Ia menegaskan Pemerintah Kota (Pemko) Batam tidak bersedia memberikan rekomendasi masuknya sapi dan kambing dari wilayah lain ke Kota Batam walaupun sudah menjelang Idul Adha. Pasalnya kebijakan tersebut sudah diatur oleh pemerintah pusat.

“Saya bilang kita tunggu sampai ada keputusan dari Kementerian tentang Idul Adha ini pasti ada kebijakan Kementerian tentang itu. Sedangkan Covid aja yang dari luar bisa masuk kalau urgent,” katanya.

Ia berharap, pemerintah pusat bisa memberikan kebijakan lain terkait masuknya sapi dan kambing dari wilayah lain. Misalnya dengan Standar Protokol Kesehatan (SOP) protokol kesehatan (prokes) hewan yang ketat.

Baca Juga: Kasus Penembakan Petugas Dishub Makassar, Korban Dibunuh dengan Terencana

Diakuinya, ia sudah memberikan opsi lain kepada asosiasi Pedagang dan Peternak Sapi dan Kambing Kota Batam. Salah satunya mengambil daging sapi dari wilayah Bali. Lantaran wilayah tersebut, hewannya tidak terjangkit PMK.

Halaman:

Editor: Feri Heryanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Masjid Tanjak Ikon Baru Kota Batam

Sabtu, 25 Juni 2022 | 12:44 WIB

Pemko Batam akan Gelar Pasar Murah

Jumat, 24 Juni 2022 | 08:38 WIB

Ditpolairud Polda Kepri Gelar Baksos Religi

Kamis, 23 Juni 2022 | 19:32 WIB

Batam Telah Menjelma Jadi Kota Ramah Investasi

Selasa, 21 Juni 2022 | 19:01 WIB
X