BP Batam Rampungkan 38 Proyek Infrastruktur pada 2021

- Rabu, 8 Juni 2022 | 11:01 WIB
HM Rudi. (istimewa)
HM Rudi. (istimewa)

BP Batam telah merampungkan 38 proyek infrastruktur senilai Rp428 miliar pada 2021 lalu.

Adapun, untuk proyek pendanaan dengan sistem tahun jamak (multiyears), terdapat 18 proyek dengan nilai Rp431 miliar.

Pembangunan infrastruktur yang telah diselesaikan oleh BP Batam tahun lalu meliputi perbaikan dermaga selatan Pelabuhan Batuampar dan pengerasan lapangan penumpukan peti kemas (container yard) dermaga utara dengan luasan 2 hektare, serta revitalisasi dan pembuatan rak pipa terpadu terminal curah cair Kabil.

Ada pula penyelesaian pembangunan jalan raya, seperti jalur kedua Jalan Hang Kesturi, Jalan Arteri Gajah Mada, Jalan Kolektor CPO Kabil, Jalan Kolektor Bundaran Madani ke Bengkong Sadai, Jalan dan Lengan Simpang Batu Ampar Tahap satu, Jalan Kolektor dan Jembatan Kawasan Industri, Jalan Kawasan Industri Tanjung Uncang ke Mc Connel Dowell, dan Jalan Industri Tanjung Uncang.

BP Batam juga menyelesaikan pengembangan fasilitas wisata di Batam dengan penataan kawasan Taman Kolam Sekupang tahap kedua dan pembangunan jalur sepeda di Jalan RE Martadinata tahap 2.

Pembangunan lain di Kota Batam yang masih berlangsung, di antaranya pembangunan di bidang kawasan ekonomi kesehatan, bandar udara, serta pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Batam pun sedang dikembangkan menjadi hub logistik nasional sehingga daerah lain di Kepri dapat ikut memanfaatkannya.

Komisi VI DPR Setujui Pagu Anggaran BP Batam 2023 Rp1,7 Triliun

Sementara itu, Komisi VI DPR menyetujui pagu indikatif tahun 2023 dan usulan tambahan anggaran 2023 terhadap tiga lembaga pemerintah yakni Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam (BP Batam), Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPPS), dan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU).

Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Martin Y Manurung mengatakan persetujuan tersebut dengan rincian, untuk pagu indikatif BP Batam tahun 2023 sebesar Rp1,7 triliun dengan usulan tambahan anggaran 2023 yang diajukan sebesar Rp386 miliar untuk mendanai kegiatan prioritas nasional di BP Batam.

Halaman:

Editor: Feri Heryanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BP Batam Serahkan SK Pegawai Ke PT BIB

Sabtu, 2 Juli 2022 | 06:55 WIB

Amri Gabung ke Partai Demokrat Kepri

Minggu, 26 Juni 2022 | 17:04 WIB

Masjid Tanjak Ikon Baru Kota Batam

Sabtu, 25 Juni 2022 | 12:44 WIB
X