Ratusan Sapi Kurban dari Lampung Tiba di Batam

- Senin, 20 Juni 2022 | 13:27 WIB
Hewan Kurban. (internet)
Hewan Kurban. (internet)

Batam (HK) - Jelang Idul Adha 1443 H, sebanyak 320 sapi dari Lampung tiba di Pelabuhan Beton, Sekupang, Batam, Senin 20 Juni 2022.

Pantauan di lapangan, sejumlah petugas karantina hewan dan ketua asosiasi bersama stakeholder telah tiba di pelabuhan Beton Sekupang. Penyemprotan disinfektan pun dilakukan agar hewan kurban yang tiba di Batam bebas penyakit.

Asosiasi Pedagang Hewan Ternak Batam, Musofa mengatakan, pengiriman 320 sapi dari Lampung ini untuk memenuhi kebutuhan Idul Adha warga Kepri.

“Sekarang tiba 320 ekor sapi perdana dari Lampung di pelabuhan Tanjung Buton,” kata dia.

Ia mengatakan sapi yang dikirim ini sudah melakukan sejumlah standar operasional prosedur karantina yang ditetapkan oleh Satgas Penyakit Hewan dan Mulut (PMK) hewan kurban Kota Batam.

Diantaranya, karantina selama 14 hari, sertifikat kesehatan hewan dari Badan Karantina Pertanian, surat keterangan kesehatan hewan dari Dinas Perkebunan, Peternakan dan Perikanan Lampung Tengah, surat rekomendasi persetujuan pemasukan hewan ternak Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Kesehatan Hewan Provinsi Kepri serta Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Batam.

“Sapi ini juga nantinya akan dikarantina lagi di (Isolasi Kesehatan Hewan) IKHA Dangas,” kata dia.

Ia menjelaskan, sampai saat ini belum ada kendala selama proses pengiriman sapi. Ia memastikan kondisi sapi yang tiba di Batam dalam kondisi sehat.

“Belum ada kendala nanti pak wali juga hadir dalam pengiriman perdana ini,” kata dia. *

Halaman:

Editor: Feri Heryanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Banyak Kambing Kurban Mati Saat Tiba di Batam

Selasa, 5 Juli 2022 | 07:44 WIB

Ayam Mutiara Huni Taman Rusa Sekupang

Selasa, 5 Juli 2022 | 07:37 WIB

BP Batam Serahkan SK Pegawai Ke PT BIB

Sabtu, 2 Juli 2022 | 06:55 WIB

Amri Gabung ke Partai Demokrat Kepri

Minggu, 26 Juni 2022 | 17:04 WIB
X