Kepala BP Batam: Dunia Pendidikan dengan Dunia Kerja Harus Link and Match

- Senin, 25 Juli 2022 | 11:15 WIB
Kepala BP Batam, HM Rudi. (istimewa)
Kepala BP Batam, HM Rudi. (istimewa)

Batam (HK) - Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Muhammad Rudi mengatakan, antara dunia pendidikan dengan dunia kerja harus link and match. Sehingga, keduanya akan berkesinambungan satu dengan lainnya.

Dikatakannya, penduduk Kota Batam haruslah mendapatkan edukasi yang memadai dan siap dengan dunia kerja.

Diketahui, saat ini Batam memiliki KEK di bidang penerbangan (Batam Aero Technic). KEK BAT memfokuskan kepada maintenance, repair, dan overhaul untuk pesawat terbang serta logistik.

Dalam proyeksi ke depannya, KEK BAT membutuhkan tenaga kerja sebanyak 9.976 orang pada 2030. Pada April 2022, penyerapan tenaga kerja baru mencapai 1.474 orang. Tentunya ini menjadi sebuah kesempatan besar bagi angkatan kerja produktif untuk bergabung di industri tersebut.

Kolaborasi kurikulum dunia pendidikan dan kerja menjadi salah satu solusi yang dapat dilakukan.

Selain itu, KEK BAT juga melakukan kerja sama dengan Aircraft Maintenance Training Organization (AMTO) sebagai sentral pendidikan dan pelatihan di bidang aviasi.

Tujuannya adalah untuk menjamin kualitas dan kapabilitas tenaga kerja untuk posisi mekanik dan teknisi pesawat udara. Dengan demikian, tenaga kerja yang berada dalam KEK BAT memiliki kompetensi yang sesuai dengan standar industri penerbangan di luar negeri.

Kehadiran KEK BAT diharapkan mampu menarik maskapai penerbangan yang berada di Asia Pasifik untuk melakukan perbaikan armada yang dimilikinya di Batam. Dengan masuknya maskapai asing di KEK BAT, akan meningkatkan pendapatan yang ada di Kota Batam.

Jumlah penduduk Kota Batam dengan berbagai potensi yang dimilikinya merupakan aset yang harus dikembangkan. Tentunya dalam dunia investasi, angkatan kerja yang dimiliki oleh Kota Batam akan mampu mengisi posisi-posisi yang strategis dalam industri yang ada. Termasuk juga KEK yang terdapat di Kota Batam. (r)

Halaman:

Editor: Feri Heryanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BP Batam Gelar Workshop LKPM dengan Pelaku Usaha

Kamis, 29 September 2022 | 16:32 WIB

Warga Hinterland Pulau Buluh Dapat Bantuan Sembako

Rabu, 28 September 2022 | 17:58 WIB

BP Batam Terima 4 Sertifikat BMN dari BPN Kepri

Selasa, 27 September 2022 | 08:53 WIB

Selamat Hari Jadi ke-20 Provinsi Kepri

Sabtu, 24 September 2022 | 20:42 WIB
X