TPID Batam Gelar Pasar Murah di Sagulung dan Batu Aji

- Selasa, 26 Juli 2022 | 18:26 WIB
Masyarakat membeli barang di pasar murah di pasar Aviari, Batu Aji. (dedi/aluankepri.com)
Masyarakat membeli barang di pasar murah di pasar Aviari, Batu Aji. (dedi/aluankepri.com)

Batam (HK) - Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Batam menggelar operasi pasar murah di pasar Aviari Batu Aji, dan pasar Sagulung yang berlangsung selama tiga hari ke depan dari mulai Senin (25/7) hingga Rabu (27/7) besok.

Operasi pasar tersebut, tim TPID kota Batam menyajikan komoditas utama penyumbang inflasi bahan pangan yaitu aneka cabai terutama cabai merah, dan telur ayam ras yang harganya mengalami peningkatan dalam beberapa bulan terakhir.

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari upaya TPID dalam rangka pengendalian inflasi khususnya inflasi volatile food. Untuk itu, ibu-ibu rumah tangga pun langsung beramai-ramai untuk membeli cabai dan telur ayam.

"Operasi pasar yang dilakukan juga diharapkan dapat mendorong efisiensi rantai distribusi sehingga dapat membantu masyarakat memperoleh aneka cabai dan telur ayam ras dengan harga lebih terjangkau," kata Kepala BI Kepulauan Riau, Musni Hardi K Atmaja, Selasa (26/7).

Melalui kegiatan operasi pasar ini menunjukkan bahwa ketersediaan pasokan cabai mulai meningkat dengan harga yang mulai menurun. Dan kedepannya, penurunan harganya diharapkan terus berlanjut seiring dengan mulai panennya beberapa sentra produksi cabai antara lain di Mataram, Palu, Yogyakarta, dan Sumatera Utara.

Sebagaimana diketahui bahwa pasokan aneka cabai khususnya cabai merah dalam 2 (dua) bulan terakhir menurun dikarenakan beberapa sentra produksi baru memulai musim tanam.

Sebagian besar sentra produksi cabai di Kota Batam juga baru akan memulai panen dalam jumlah yang cukup banyak pada bulan Agustus dan September 2022.

Pasokan cabai merah di pasar saat ini masih mengandalkan sumber pasokan dari luar daerah mengingat Kota Batam bukan merupakan daerah produsen bahan pangan.

"Upaya lain yang dilakukan TPID Kota Batam dalam menjaga ketersediaan barang, antara lain dengan memperkuat koordinasi dengan asosiasi distributor di Kota Batam," kata dia.

Halaman:

Editor: Feri Heryanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BP Batam Gelar Diseminasi Gandeng Kemendag RI

Jumat, 5 Agustus 2022 | 19:06 WIB
X