Kasus Covid Meningkat, Aktivitas Kantor dan Tempat Hiburan di Karimun Dikurangi Jadi 25 Persen

- Minggu, 18 Juli 2021 | 09:45 WIB
Bupati Karimun Aunur Rafiq saat memimpin rapat penanganan covid-19 (ilham sijori)
Bupati Karimun Aunur Rafiq saat memimpin rapat penanganan covid-19 (ilham sijori)

KARIMUN (HK)-Kasus covid-19 dalam dalam sepekan terakhir di Karimun mengalami tren peningkatan. Kendati Karimun tidak masuk dalam wilayah yang menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. Namun, pemerintah daerah setempat mulai mengurangi aktivitas di masyarakat.

"Kasus covid-19 dalam seminggu terakhir meningkat. Penambahan kasus berasal dari klaster keluarga dan perusahaan," ujar Bupati Karimun, Aunur Rafiq usai memimpin rapat evaluasi penanganan covid-19 bersama unsur FKPD Kabupaten Karimun di rumah dinasnya.

Kata Rafiq, kasus covid-19 aktif di Karimun pernah berada di 130 orang. Namun, saat ini malah naik menjadi 203. Kemungkinan bisa bertambah menjadi 250. Jika tidak hati-hati dan terus meningkat, Karimun bisa masuk ke level 4 dan akan diterapkan PPKM Darurat yang akan berimbas pada penghentian aktivitas.

"Sebelum itu terjadi, maka harus segera kita antisipasi dan hari ini kita putuskan dalam rapat bahwa rumah makan dan tempat hiburan tetap buka, tapi aktivitas dikurangi dari 50 persen hingga tinggal 25 persen," jelasnya.

Begitu juga untuk pekerjaan pegawai di Kantor Bupati juga dikurangi menjadi 25 persen. Hanya kegiatan esensial seperti kesehatan dan pelayanan dasar yang masih berjalan seperti biasa.

"Tempat wisata juga kita batasi. Kita kembali memberlakukan jam malam hingga pukul 9 malam. Begitu juga soal pengetatan protokol kesehatan seperti pemakaian masker tetap harus dijalankan masyarakat," tutur Rafiq. (ham)

 

Editor: Ilham Sijori

Terkini

X