Pemkab Karimun Bolehkan Idul Adha dan Kurban di Masjid, Ini Ketentuannya

- Minggu, 18 Juli 2021 | 11:05 WIB
Bupati Karimun H Aunur Rafiq saat diwawancara di Masjid Agung (Ilham Sijori)
Bupati Karimun H Aunur Rafiq saat diwawancara di Masjid Agung (Ilham Sijori)

KARIMUN (HK)-Meski kasus covid-19 terus terjadi dan cenderung meningkat di Karimun, namun angkanya masih rata-rata di bawah 50 kasus. Dengan kondisi itu, Pemkab Karimun tetap membolehkan masyarakat muslim untuk melaksanakan shalat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban di masjid.

"Perayaan Idul Adha pada Selasa mendatang boleh dilaksanakan di masjid ataupun lapangan," ujar Bupati Karimun, Aunur Rafiq usai memimpim rapat penanganan covid-19 dengan unsur FKPD di rumah dinasnya.

Dikatakan, dari 241 pelaksanaan shalat Idul Adha di Karimun, hanya 1 yang melaksanakan di lapangan yakni di Darul Mukmin, karena kondisinya yang tidak memungkinkan. Selebihnya, shalat Idul Adha dilaksanakan di masjid.

Ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus dilaksanakan oleh pengurus masjid, panitia, penceramah bahkan jamaah yang akan mengikuti shalat idul adha diantaranya, jamaah diharuskan tetap mengikuti protokol kesehatan dan penceramah dianjurkan tidak menyampaikan kutbah dengan panjang.

"Semuanya harus melaksanakan sesuai protokol kesehatan dan kutbah jangan panjang-panjang serta penyembelihan hewan kurban diatur sedemikian rupa. Saya yakin Insya Allah semua dapat terkendali dengan baik," jelasnya.

Menurutnya, ketegasan itu disampaika agar kasus yang terjadi di Karimun tidak akan meningkat dari level 3 menjadi level 4. Kalau sudah masuk ke level 4 maka Karimun akan menjadi darurat lagi.

"Mudah-mudahan kita berdoa kepada Allah SWT agar kita malah turun ke level 2 atau kasus covid-19 kembali melandai di Karimun," terang Rafiq.

Aunur Rafiq tak henti-hentinya mengajak masyarakat Karimun untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan dengan baik.

"Jangan pernah menganggap enteng, jangan pernah menganggap sepele soal covid-19 ini. Karena covid-19 itu ada dan bisa menyerang siapa saja," pungkasnya. (ham)

Halaman:

Editor: Ilham Sijori

Terkini

X