Soal Relawan Palsukan Data Sertfikat Vaksin, DPRD Batam Bakal Panggil Dinas Kesehatan

- Minggu, 18 Juli 2021 | 14:22 WIB
Wakil ketua III DPRD Kota Batam, Ahmad Surya. (damri/haluankepri.com)
Wakil ketua III DPRD Kota Batam, Ahmad Surya. (damri/haluankepri.com)

Batam (HK) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Batam menyoroti kasus kejadian 6 orang relawan validasi data vaksin Covid-19 di Kota Batam yang melakukan pemalsuan sertifikat vaksin.

Wakil Ketua III DPRD Kota Batam, Ahmad Surya mengatakan, pihaknya mendukung Kepolisian untuk menindak pelaku yang nekat memalsukan sertifikat vaksin ditengah gencar-gencarnya pemerintah mengelar program vaksin tersebut.

"Karena pemalsuan itu akan berdampak pada masyarakat luas nantinya. Maka dari itu saya mendorong agar masalah itu ditindak sampai tuntas sesuai hukum yang berlaku," ucap Ahmad Surya kepada wartawan, Jumat (16/7/2021) di kantornya.

Disampaikan Ahmad Surya, seharusnya para relawan yang direkrut untuk melakukan penginput data vaksinasi itu tidak diberikan seutuhnya akses untuk masuk dalam sistem.

Atas kejadian tersebut, pihaknya akan memanggil Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam, dalam hal ini melalui Komisi IV DPRD Kota Batam selaku mitra kerjanya.

"Saya selaku wakil ketua III DPRD Kota Batam nanti akan memberikan memo kepada komisi IV, agar memanggil Dinas Kesehatan untuk dimintai penjelasannya kenapa permasalahan itu bisa terjadi," ujar politisi partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) itu.

Menurutnya, semua sertifikat yang berhasil dipalsukan oleh pelaku dari relawan itu harus ditarik lagi, karena yang memegang kartu vaksin hasil penipuan itu belum pernah divaksi, namun sudah memiliki kartu tanda bukti telah melakukan vaksin.

"Bahkan, jika perlu nantinya setelah ketersediaan vaksin di Batam sudah datang dari pusat, maka orang yang telah memegang kartu vaksin palsu itu yang akan divaksin terlebih dahulu," ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, Satreskrim Polresta Barelang tangkap 5 orang relawan validasi data vaksin Covid-19 di Kota Batam, karena mereka melakukan pemalsuan surat vaksin.

Halaman:

Editor: Feri Heryanto

Tags

Terkini

BST dan PKH Didistribusikan ke Masyarakat Sagulung

Selasa, 27 Juli 2021 | 12:03 WIB

Tiga Kapolres di Polda Kepri Alih Tugas Jabatan

Selasa, 27 Juli 2021 | 11:06 WIB

Ditpolairud Polda Kepri Tangkap Tiga Kurir Sabu

Sabtu, 24 Juli 2021 | 09:27 WIB

Soko Pakdul Membagikan Paket Sembako

Sabtu, 24 Juli 2021 | 09:17 WIB
X