Rutan Batam Rutin Razia Kamar dengan Tetap Menerapkan Protokol Kesehatan

- Minggu, 18 Juli 2021 | 17:28 WIB
Petugas Rutan Batam menggeledah kamar tahanan secara acak. (istimewa)
Petugas Rutan Batam menggeledah kamar tahanan secara acak. (istimewa)

Batam (HK) - Jelang Idul Adha, jajaran Rutan Batam menggeledah kamar atau blok rumah tahanan negara (Rutan) Klas IIA Batam, Barelang, Minggu (18/7/21) pagi.

Penggeledahan kamar tersebut dilakukan secara acak yang meliputi 4 kamar seperti 2 kamar tahanan kriminal dan 2 kamar narkotika.

Karutan Klas IIA Batam, Yan Patmos melalui Kepala Pengamanan Rutan Batam, Ismail mengatakan, penggeledahan dilakukan sesuai Permenhukam No 33 tahun 2015 tentang pengamanan Lapas dan Rutan apalagi jelang Idul Adha.

Dalam kesempatan itu, ada 4 kamar yang digeledah yakni 2 kamar narkotika dan 2 kamar kriminal secara acak. Selain ini, pihaknya juga melakukan razia kamar secara rutin dengan sesuai aturan protokol kesehatan yang ketat.

Alhasil, dalam penggeledahan kamar tersebut, petugas hanya mendapati barang bukti berupa alat cukur serta celana.

Disinggung mengenai jam besuk, Ismail mengatakan jika sampai saat ini jam besuk tak ada, apalagi saat ini sudah diperlakukan PPKM darurat. Hanya saja, layanan obat atau suplemen yang diberlakukan, sementara yang lainnya tak boleh.

"Untuk jam besuk dan layanan makanan serta barang lainnya tak diperbolehkan. Hanya saja layanan obat atau suplemen dibolehkan. Dan kita juga tak bisa melarang keluarganya mengantarkan obat atau suplemen tersebut kepada keluarganya," paparnya.

Dia melanjutkan, jelang Idul Adha ini pihaknya akan mengadakan layanan virtual gratis kepada keluarga para tahanan.

Untuk hari H Idul Adha, rutan Batam akan memotong 5 ekor kambing dan 2 ekor sapi. Hewan kurban ini nantinya akan dibagikan kepada pegawai dan seluruh warga binaan atau tahanan. Sedangkan, sholat id juga akan dilakukan secara protokol kesehatan yang ketat di masjid di kawasan rutan Batam.

Halaman:

Editor: Feri Heryanto

Tags

Terkini

BST dan PKH Didistribusikan ke Masyarakat Sagulung

Selasa, 27 Juli 2021 | 12:03 WIB

Tiga Kapolres di Polda Kepri Alih Tugas Jabatan

Selasa, 27 Juli 2021 | 11:06 WIB

Ditpolairud Polda Kepri Tangkap Tiga Kurir Sabu

Sabtu, 24 Juli 2021 | 09:27 WIB

Soko Pakdul Membagikan Paket Sembako

Sabtu, 24 Juli 2021 | 09:17 WIB
X