Polres Karimun Kerahkan 288 Personel pada Pelaksanaan Idul Adha 2021

- Senin, 19 Juli 2021 | 18:40 WIB
Kapolres Karimun AKBP Muhammad Adenan saat menyampaikan sambutan dalam suatu apel di lapangan Mapolres
Kapolres Karimun AKBP Muhammad Adenan saat menyampaikan sambutan dalam suatu apel di lapangan Mapolres

 

KARIMUN (HK)-Jajaran Polres Karimun mengerahkan 288 personel selama Hari Raya Idul Adha 1442 H/ 2021 M. Penempatan personel polisi itu guna terciptanya situasi kamtibmas yang kondusif di Kabupaten Karimun selama pemberlakuan PPKM Mikro.

 Kapolres Karimun AKBP Muhammad Adenan mengatakan, beberapa syarat dan ketentuan dalam pelaksanaan Idul Adha pada 2021, baik itu melalui Surat Edaran Menteri Agama Nomor: SE.15 Tahun 2021, STR Kapolda Kepri Nomor: STR/412/VII/OPS.2./2021 dan Surat Edaran Bupati Karimun Nomor: 400/KESRA-SETDA/VII/1276/2021.

 Dijelaskan, dalam Surat Edaran Bupati Karimun Nomor : 400/KESRA-SETDA/VII/1276/2021, pelaksanaan takbir di masjid atau surau diperbolehkan dengan ketentuan waktu penyelanggaraan takbir paling lama 1 jam dan diakhiri maksimal pukul 22.00 WIB dengan pembatasan jemaah, menghindari kerumunan serta tetap berpedoman pada protokol Kesehatan pencegahan covid-19 yang ketat.

"Polres Karimun menyiagakan sebanyak 228 personel dalam menghadapi rangkaian pelaksanaan Idul Adha tahun 2021 guna menjaga situasi Kamtibmas yang tetap kondusif serta pencegahan penyebaran covid-19 pada masa pemberlakuan PPKM Mikro di Kabupaten Karimun," ujar Muhammad Adenan.

 Dikatakan, kegiatan takbir keliling di jalan-jalan maupun kreatifitas apapun ditiadakan dan ini dilarang oleh pemerintah untuk meminimalisir kerumunan yang berpotensi terjadinya penularan Covid-19.

 Lebih lanjut dijelaskan, ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus dilaksanakan oleh pengurus masjid, panitia, penceramah bahkan jamaah yang akan mengikuti shalat Idul Adha diantaranya, jamaah diharuskan tetap mengikuti protokol kesehatan dan penceramah dianjurkan tidak menyampaikan kutbah dengan panjang.

 "Semuanya harus melaksanakan sesuai protokol kesehatan dengan ketat dan kutbah jangan panjang-panjang serta penyembelihan hewan qurban diatur sedemikian rupa. Saya yakin Insya Allah semua dapat terkendali dengan baik. Kita imbau seluruh masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan yang ketat dan 5 M dengan baik, karena covid-19 itu ada dan bisa menyerang siapa saja," pungkasnya. (ham)

Editor: Ilham Sijori

Terkini

X