Transportasi Ferry di Batam Menunjang Pertumbuhan Investasi

- Selasa, 27 September 2022 | 08:44 WIB
Transportasi Ferry di Pelabuhan Batam Centre. (internet)
Transportasi Ferry di Pelabuhan Batam Centre. (internet)

Berada di jalur perdagangan internasional menjadikan Batam memiliki keuntungan tersendiri. Jalur laut yang mengelilingi wilayah Batam membuat lalu lintas barang dan penumpang menjadi sangat aktif.

Keadaan tersebut menempatkan transportasi sebagai bagian yang sangat vital dalam kerangka investasi. Tidak hanya transportasi udara, transportasi laut melalui kapal ferry Batam dan berbagai jenis kapal lainnya juga telah memberi warna yang berbeda bagi perkembangan investasi di Batam.

(istimewa)

Kawasan Batam yang didominasi oleh perairan menyebabkan banyak terdapat pelabuhan. Berbagai jenis pelabuhan dapat dijumpai di Batam. Mulai dari pelabuhan khusus barang, hingga pelabuhan yang melayani arus penumpang.

Volume pergerakan penumpang yang menggunakan jasa transportasi laut juga menunjukkan hasil yang memuaskan. Keadaan tersebut juga didukung adanya peningkatan dan pengembangan infrastruktur pelabuhan.

Jumlah penumpang angkutan laut dalam negeri mengalami peningkatan hingga Mei 2022. Berdasarkan data yang diperoleh, tercatat 361.455 orang atau naik 54,71 persen dibanding April 2022. Sedangkan selama Januari hingga Mei 2022, jumlah penumpang angkutan laut domestik yang berangkat dan datang dari dan ke Batam melalui pelabuhan sebanyak 1.194.868 orang atau naik 47,97 persen.

Adanya pelonggaran dalam hal aturan bepergian membuat arus penumpang dari internasional juga merangkak naik. Jumlah penumpang angkutan laut internasional yang berangkat dan datang melalui pelabuhan di Batam sebanyak 186.824 orang atau naik sebesar 649,09 persen dibanding dengan periode yang sama tahun 2021.

Kapal ferry Batam yang banyak melayani penumpang di pelabuhan-pelabuhan Batam menjadi sarana penting untuk keperluan bisnis maupun wisata. Untuk memenuhi hal tersebut, Batam memiliki sejumlah pelabuhan penumpang internasional maupun domestik.

Pelabuhan penumpang internasional adalah pelabuhan penumpang yang dapat dengan mudah dijumpai di Batam. Pelabuhan-pelabuhan tersebut antara lain Pelabuhan Internasional Batam Center, Pelabuhan Internasional Sekupang, Pelabuhan Internasional Teluk Senimba, Pelabuhan Internasional Nongsapura, dan Pelabuhan Internasional Harbour Bay.

Halaman:

Editor: Feri Heryanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BP Batam Terima Penghargaan Anugerah Reksa Bandha

Kamis, 24 November 2022 | 06:19 WIB

BP Batam Gelar FGD Sinkronisasi Data Promosi

Senin, 21 November 2022 | 08:50 WIB
X