Masa Berlaku Paspor Jadi 10 Tahun, Berikut Penjelasan Imigrasi Batam

- Sabtu, 1 Oktober 2022 | 07:19 WIB
Paspor. (internet)
Paspor. (internet)

Masa berlaku paspor kini menjadi 10 tahun dari semula lima tahun. Aturan ini berlaku mulai 29 September 2022.

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) memperpanjang masa berlaku paspor menjadi 10 tahun. Hal itu termuat dalam Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 18 Tahun 2022 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 8 Tahun 2014 tentang Paspor Biasa dan Surat Perjalanan Laksana Paspor (SPLP).

“Peraturan Menteri ini mulai berlaku pada tanggal diundangkan. Diundangkan di Jakarta pada tanggal 29 September 2022,” sebagaimana tertuang dalam peraturan a quo yang ditandatangani Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly pada 19 September 2022 tersebut.

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Keimigrasian Batam, Tessa Harumdila menyambut baik peraturan masa berlaku paspor 10 tahun. Kebijakan ini direspons positif.

Dia mengungkapkan sebelum ada aturan masa berlaku paspor, pembuatan paspor dan perpanjangan di Batam sudah meningkat tajam.

“Masyarakat di Batam antusias ingin membuat paspor,” kata Tessa saat dihubungi melalui telepon seluler, Jumat 30 September 2022.

Ia memperkirakan ada peningkatan pembuatan dan perpanjangan paspor sebesar 80 persen setelah pintu perbatasan antarnegara dibuka.

Dengan meningkatnya animo masyarakat dalam pembuatan paspor, Kantor Imigrasi Batam memastikan ketersediaan pasokan blanko paspor tetap terpenuhi.

“Di Kantor Imigrasi stok blanko paspor kami harus cek terus. Tidak boleh habis, harus ada stok terus. Dan kami online terus dengan pusat minta data paspor stok nanti dikirim dengan pusat. Jadi tidak akan pernah habis,” ujar dia.

Halaman:

Editor: Feri Heryanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BP Batam Terima Penghargaan Anugerah Reksa Bandha

Kamis, 24 November 2022 | 06:19 WIB

BP Batam Gelar FGD Sinkronisasi Data Promosi

Senin, 21 November 2022 | 08:50 WIB
X