Portugal Terapkan UU yang Melarang Atasan Hubungi Karyawan di Luar Jam Kerja

- Sabtu, 13 November 2021 | 16:46 WIB
 (Pixabay/ Pexels)
(Pixabay/ Pexels)

 

KEPRI.HARIANHALUAN.COM – Portugal baru saja mengesahkan Undang-undang yang melarang atasan menghubungi karyawan di luar jam kerja mereka.

Dalam UU tersebut dijelaskan bahwa upaya atasan untuk menghubungi para bawahan baik melalui telepon, surat elektronik (email), atau pun pesan singkat di luar jam kerja sebagai tindakan ilegal.

“Atasan harus menghargai privasi para pekerjanya, termasuk waktu beristirahat, waktu keluarga," bunyi kutipan UU tersebut.

UU yang disahkan pekan lalu itu menegaskan orang yang melanggar aturan tersebut akan dikenakan denda.

Langkah ini juga diambil untuk membuat iklim kerja yang sehat di tengah kebijakan work from home (WFH) selama masa pandemi Covid-19.

Kemunculan UU terbaru ini, membuat para karyawan mempunyai hak untuk meminta agar bekerja dari rumah jika pekerjaan mereka memungkinkan dan sebaliknya.

“Kerja jarak jauh bisa menjadi game changer jika kita mengambil keuntungan dari kelebihan, dan mengurangi kekurangannya," ungkap Menteri Tenaga Kerja dan Jaminan Sosial Portugal Ana Mendes Godinho seperti dikutip dari VICE.

UU terbaru ini juga mewajibkan atasan bertanggungjawab untuk memberikan fasilitas yang menunjang karyawan ketika bekerja dari rumah. Karyawan juga bisa meminta ganti biaya tambahan kala bekerja dari rumah, seperti listrik dan biaya internet.

Selain Portugal, Prancis juga memiliki aturan serupa yang menegaskan hak karyawan untuk mengabaikan email kantor di luar jam kerja.

Halaman:

Editor: Puspita Indah Cahyani

Tags

Terkini

Gempa Berkekuatan 6 Magnitudo Landa Taiwan

Senin, 20 Juni 2022 | 12:57 WIB

Manusia Cyborg Pertama di Dunia Tutup Usia

Sabtu, 18 Juni 2022 | 15:12 WIB

Turki Resmi Ganti Nama Jadi Turkiye

Jumat, 3 Juni 2022 | 13:18 WIB

Pohon Ini Dipercaya Berusia sekitar 5000 Tahun

Sabtu, 28 Mei 2022 | 14:20 WIB

Lupa Password Laptop, Berikut Solusinya

Kamis, 26 Mei 2022 | 10:11 WIB

Al Noor Mosque, Satu-satunya Masjid di Hanoi

Senin, 16 Mei 2022 | 10:34 WIB
X