Baru Beberapa Jam Menjabat, Perdana Menteri Perempuan Pertama Swedia Magdalena Andersson Mengundurkan Diri

- Kamis, 25 November 2021 | 11:48 WIB
Perdana Menteri perempuan pertama Swedia, Magdalena Andersson, mengundurkan diri beberapa jam setelah diumumkan sebagai pemimpin Swedia pada Rabu (24/11). (Instagram/ @magdalenanderssons)
Perdana Menteri perempuan pertama Swedia, Magdalena Andersson, mengundurkan diri beberapa jam setelah diumumkan sebagai pemimpin Swedia pada Rabu (24/11). (Instagram/ @magdalenanderssons)

 

KEPRI.HARIANHALUAN – Magdalena Andersson, Perdana Menteri Swedia mengundurkan diri beberapa jam usai dipilih oleh parlemen. Hal ini terjadi lantaran gagalnya usulan anggaran dan Partai Hijau Junio mundur dari koalisi pemerintahan.

Andersson, Perdana Menteri perempuan pertama di Swedia ini diumumkan sebagai pemimpin Swedia pada Rabu (24/11). Ia berasal dari Partai Sosial Demokrat dan mengundurkan diri setelah Partai Hijau keluar dari koalisi Partai Sosial Demokrat.

“Saya telah meminta ke juru bicara parlemen membebaskan saya dari tugas-tugas sebagai Perdana Menteri. Saya siap dipilih lagi untuk menjadi Perdana Menteri dalam sebuah partai tunggal, yakni pemerintahan Sosial Demokrat,” kata Andersson dikutip dari Tempo, Kamis (25/11).

Parlemen memilih anggaran yang disusun oleh oposisi yang mencakup sayap kanan anti-imigran. Sementara itu, Mitra koalisinya, Partai Hijau mengatakan, tidak dapat menerima anggaran yang “dirancang untuk pertama kalinya dengan sayap kanan”.

" Ada praktik konstitusional bahwa pemerintah koalisi harus mengundurkan diri ketika salah satu partai mundur. Saya tidak ingin memimpin pemerintahan yang legitimasinya dipertanyakan,” tegasnya.

Sebelumnya dalam pemilihan di parlemen, Andersson mengamankan 174 suara. Sebanyak 117 suara menentang pencalonannya sementara 57 memilih abstain. Ia menang setelah menganmankan suara Partai Kiri.

Andersson seharusnya secara resmi menjabat sebagai PM Swedia pada Jumat (26/11) menggantikan Stefan Lofven yang mengundurkan diri dua pekan lalu karena mosi tidak percaya.

 

 

Halaman:

Editor: Puspita Indah Cahyani

Tags

Terkini

Gempa Berkekuatan 6 Magnitudo Landa Taiwan

Senin, 20 Juni 2022 | 12:57 WIB

Manusia Cyborg Pertama di Dunia Tutup Usia

Sabtu, 18 Juni 2022 | 15:12 WIB

Turki Resmi Ganti Nama Jadi Turkiye

Jumat, 3 Juni 2022 | 13:18 WIB

Pohon Ini Dipercaya Berusia sekitar 5000 Tahun

Sabtu, 28 Mei 2022 | 14:20 WIB

Lupa Password Laptop, Berikut Solusinya

Kamis, 26 Mei 2022 | 10:11 WIB

Al Noor Mosque, Satu-satunya Masjid di Hanoi

Senin, 16 Mei 2022 | 10:34 WIB
X