Terekam Satelit, Letusan Gunung Berapi Tonga Membuat Pulau Terbelah Dua

- Rabu, 19 Januari 2022 | 08:29 WIB
(pikiran-rakyat.com)
(pikiran-rakyat.com)

Kerusakan signifikan terjadi di Tonga setelah letusan gunung berapi bawah laut yang memicu tsunami pada Sabtu pekan lalu.

Citra satelit juga telah mulai menunjukkan tingkat letusan tersebut, di mana foto-foto kehancuran itu bisa dilihat dari luar angkasa.

Letusan gunung berapi Hunga Tonga-Hunga Ha'apai memicu peringatan tsunami dan perintah evakuasi di negara-negara tetangga, termasuk pantai timur Australia, dengan gelombang besar di beberapa pulau Pasifik Selatan yang tercatat.

Baca Juga: Pasca Gempa M6,6 Banten, 3.078 Bangunan Rusak

Media sosial dengan cepat dibanjiri dengan unggahan foto yang memperlihatkan gelombang air menghantam rumah-rumah di tepi pantai, bahkan letusan itu sendiri difilmkan dari luar angkasa.

Sementara tingkat kerusakan di pulau itu masih belum jelas. Pihak berwenang menyarankan Tonga mungkin terjebak dalam kegelapan dunia maya selama berminggu-minggu.

Seorang pejabat mengatakan bahwa setelah letusan membuat kabel komunikasi bawah laut terputus, negara itu sekarang terisolasi dari kontak dengan dunia luar.

“Kami mendapatkan informasi yang tidak jelas, tetapi sepertinya kabelnya telah terputus. Untuk perbaikannya bisa memakan waktu hingga dua minggu. Kapal cable-laying terdekat ada di Port Moresby," ujar Direktur Jaringan Southern Cross Cable Network, Dean Veverka melansir News.com.au.

Baca Juga: Ada Dua Gempa Terjadi Hari Ini, Selasa 18 Januari 2022

Halaman:

Editor: Feri Heryanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Al Noor Mosque, Satu-satunya Masjid di Hanoi

Senin, 16 Mei 2022 | 10:34 WIB

Elon Musk Resmi Beli Twitter Seharga Rp 634 Triliun

Selasa, 26 April 2022 | 14:00 WIB

Mike Tyson Hajar Penumpang Pesawat yang Mabuk

Jumat, 22 April 2022 | 10:51 WIB

Korsel Cabut Hampir Semua Aturan Covid-19

Selasa, 19 April 2022 | 09:15 WIB

Sri Lanka Krisis, Warga Demo di Jalan

Jumat, 15 April 2022 | 14:13 WIB
X