Gedung Pencakar Langit di Laut Merah Setinggi 500 Meter Akan Dibangun di Arab Saudi

- Senin, 1 Agustus 2022 | 08:44 WIB
ilustrasi (internet)
ilustrasi (internet)

Pemerintah Arab Saudi akan punya mega proyek baru yakni gedung pencakar langit setinggi 500 meter, lebar 200 meter, sepanjang 170 km. Gedung ini bernama The Line, bagian dari Neom yang kini tengah dibangun di Laut Merah.

Dikutip dari Dezeen melalui Kumparan.com, Minggu, 31 Juli 2022, proyek tempat tinggal itu akan didominasi oleh fasad cermin di tiap sisinya. Bangunan ini dirancang sebagai bagian dari pengembangan Neom yang ditargetkan dapat menjadi alternatif bagi sejumlah kota-kota tradisional di Saudi yang lokasinya lebih banyak tersebar di beberapa wilayah.

Meski belum diumumkan secara resmi, mega proyek ini disebut akan dirancang oleh Morphosis studio AS.

Putra mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman, menuturkan mega proyek ini disiapkan sebagai jawaban dari berbagai permasalahan masyarakat perkotaan yang acapkali menyulitkan mereka.

"Pada peluncuran The Line tahun lalu, kami berkomitmen pada revolusi peradaban yang mengutamakan manusia berdasarkan perubahan radikal dalam perencanaan kota," kata Mohammed bin Salman.

"Desain yang diungkapkan hari ini untuk komunitas kota yang berlapis vertikal akan menantang kota tradisional dan horizontal dan menciptakan model untuk pelestarian alam dan meningkatkan kemampuan huni manusia. The Line akan mengatasi tantangan yang dihadapi umat manusia dalam kehidupan perkotaan saat ini dan akan menyoroti cara-cara alternatif untuk hidup," sambungnya.

Nantinya, secara struktur The Line akan terdiri dari dua struktur berbeda seperti dinding yang akan menutup area terbuka di antara keduanya serta cermin yang ada di bagian luarnya. Dengan ketinggian 500 meter, The Line akan menjadi bangunan tertinggi ke-12 di dunia dan juga menjadi yang terpanjang.

Selain dibangun dengan kualitas terbaik, mega proyek ini juga diklaim memiliki daya tampung yang juga fantastis. Berdasarkan informasi yang dihimpun, The Line dirancang untuk dapat menampung sekitar sembilan juta penduduk.
Ketika Rampung, The Line nantinya akan berisi area perumahan, ritel dan rekreasi, serta fasilitas sekolah dan taman.

Merujuk pada visual gambar yang telah dirilis sebelumnya, nantinya akan terdapat taman di tengah lokasi hunian yang ditempatkan di antara dua blok linier. Dua blok berbeda itu nantinya akan dihubungkan oleh beberapa jembatan dan diatapi dengan lebih banyak ruang hijau.

Halaman:

Editor: Feri Heryanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ngeri! Dua Pesawat Tabrakan di Udara

Minggu, 18 September 2022 | 08:52 WIB

Inggris Kibarkan Bendera Setengah Tiang

Jumat, 9 September 2022 | 08:09 WIB

Ratu Elizabeth Meninggal Dunia

Jumat, 9 September 2022 | 06:51 WIB

Eropa Alami Kekeringan Terburuk

Rabu, 24 Agustus 2022 | 09:00 WIB

Walah! Pilot Ketiduran, Pesawat Gagal Mendarat

Sabtu, 20 Agustus 2022 | 10:50 WIB

Sambaran Petir Tewaskan 20 Orang

Kamis, 28 Juli 2022 | 09:15 WIB

Gempa M 7,1 Guncang Utara Filipina

Rabu, 27 Juli 2022 | 09:54 WIB

Pemimpin Baru Sri Lanka Ditolak Pengunjuk Rasa

Kamis, 21 Juli 2022 | 08:51 WIB
X