Ini Tradisi Unik saat Idul Adha di Sejumlah Negara

- Senin, 19 Juli 2021 | 14:19 WIB
Internet (internet)
Internet (internet)

Seluruh kaum muslim di dunia akan merayakan Idul Adha yang diperingati pada 10 Dzulhijjah dalam penanggalan Islam. Perayaan ini berawal dari kisah bersejarah Nabi Ibrahim dan Ismail.

Perayaan Idul Adha yang juga disebut Lebaran Haji dijadikan momen untuk menumbuhkan rasa kasih sayang terhadap sesama. Caranya, dengan menyembelih dan membagikan hewan kurban. Di Indonesia, hewan kurban biasanya berupa kambing, sapi, dan kerbau.

Sementara di negara lain, seperti di kawasan Timur Tengah, jenis hewan yang dijadikan kurban adalah unta, domba, atau biri-biri. Idul Adha bagi umat Islam merupakan hari yang dirayakan dengan penuh suka cita.

Perayaan Hari Raya Iduladha juga diwarnai dengan tradisi unik di berbagai belahan dunia. Tak hanya di Indonesia, berbagai negara pun punya tradisi unik yag bervariasi, termasuk untuk hewan kurban yang akan disembelih.

Dilansir Liputan6.com, Senin (19/7/2021) dari berbagai sumber, berikut potret tradisi unik Idul Adha di sejumlah negara:

Indonesia
Memiliki adat dan budaya yang beraneka ragam, Indonesia banyak mempunyai tradisi unik dalam merayakan Hari Raya Iduladha. Selain menyembelih hewan kurban, beberapa cara unik untuk rayakan Hari Besar ini ternyata masih dilestarikan sampai sekarang lho.

Di antaranya, tradisi Apitan di Jawa Tengah, Manten Sapi di Pasuruan, Mepe Kasur (menjemur kasur) di Banyuwangi, Grebeg Gunungan di Yogyakarta, dan Abda'u di Tulehu, Maluku Tengah.

Tradisi yang dilakukan di berbagai daerah di Indonesia ini sebagian besar memiliki tujuan yang sama. Tradisi unik tersebut merupakan cara masyarakat setempat menghormati datangnya bulan Dzulhijjah. Masyarakat juga percaya bahwa tradisi unik tersebut menjadi cara untuk menolak bala dan mendatangkan rezeki.

Cina
Meski bukan negara muslim, umat Islam di Cina tak kalah meriah ketika memperingati Hari Raya Iduladha. Di negeri Tiongkok ini, umat muslim memperingati Idul Adha selama 4 hari.

Halaman:

Editor: Feri Heryanto

Tags

Terkini

Gempa Berkekuatan 6 Magnitudo Landa Taiwan

Senin, 20 Juni 2022 | 12:57 WIB

Manusia Cyborg Pertama di Dunia Tutup Usia

Sabtu, 18 Juni 2022 | 15:12 WIB

Turki Resmi Ganti Nama Jadi Turkiye

Jumat, 3 Juni 2022 | 13:18 WIB

Pohon Ini Dipercaya Berusia sekitar 5000 Tahun

Sabtu, 28 Mei 2022 | 14:20 WIB

Lupa Password Laptop, Berikut Solusinya

Kamis, 26 Mei 2022 | 10:11 WIB

Al Noor Mosque, Satu-satunya Masjid di Hanoi

Senin, 16 Mei 2022 | 10:34 WIB
X