Innalillahi...Ulama Berpengaruh Yusuf al-Qaradawi Wafat di Doha

- Selasa, 27 September 2022 | 14:22 WIB
Yusuf al-Qaradawi (internet)
Yusuf al-Qaradawi (internet)

Yusuf al-Qaradawi, salah seorang ulama dan cendikiawan Islam paling berpengaruh wafat di Doha dalam usia 96 tahun.

Middle East Eye melaporkan kabar duka ini pertama kali diumumkan Persatuan Ulama Muslim Internasional (IUMS) yang diketuai Qaradawi.

Qaradawi merupakan cendekiawan Islam paling berpengaruh di zaman modern tapi tidak jarang menimbulkan kontroversi. Ia salah satu dari sedikit ulama yang mengungkapkan dukungannya pada gejolak politik Arab Spring di Mesir dan seluruh jazirah Arab.

Qaradawi lahir pada 9 September 1920 di Desa Saft Turab, Kegubernuran Al Gharbiyah, Mesir. Ia belajar di Universitas al-Azhar di Kairo yang merupakan lembaga pendidik tinggi agama Islam paling terkemuka di dunia.

Ia menyelesaikan gelar sarjana dan pasca-sarjananya di sana, ia mendapatkan gelar doktor tahun 1973. Ia fokus pada pajak zakat dan dampak sosialnya.

Qaradawi yang lahir saat Mesir masih dijajah Inggris tumbuh menjadi aktivis anti-kolonial. Ia berulang kali ditahan pemerintah kolonial. Ia kemudian mendukung Ikhwanul Muslimin, kelompok Islam yang didirikan tahun 1928.

Qaradawi yang hafal al-Quran sejak 10 tahun menolak konsep takfir yang digunakan ISIS sebagai pembenaran membunuh muslim yang tidak sepakat dengan mereka. Ia menyebutnya salah satu fenomena paling berbahaya pada Islam awal agama ini terbentuk.

Ia juga menolak ideologi ultra-radikal ISIS dan mengatakan sangat tidak sepakat dengan kelompok itu. Ketika ISIS membakar hidup-hidup seorang pilot Yordania tahun 2015 lalu organisasinya IUMS mengatakan ISIS tidak mencerminkan Islam.

Qaradawi salah satu dari sejumlah orang yang berulang kali dipenjara karena memiliki koneksi dengan kelompok itu. Baik di masa pemerintahan Raja Farouk tahun 1940-an dan pemerintahan Presiden Gamal Abdel Nasser tahun 1950-an.

Halaman:

Editor: Feri Heryanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gempa M5,6 Guncang Nepal, 6 Orang Meninggal Dunia

Rabu, 9 November 2022 | 14:32 WIB

Korban Tragedi Itaewon Diakibatkan oleh Henti Jantung

Minggu, 30 Oktober 2022 | 14:04 WIB

Ngeri! Dua Pesawat Tabrakan di Udara

Minggu, 18 September 2022 | 08:52 WIB

Inggris Kibarkan Bendera Setengah Tiang

Jumat, 9 September 2022 | 08:09 WIB

Ratu Elizabeth Meninggal Dunia

Jumat, 9 September 2022 | 06:51 WIB
X