Ironi, Timnasnya Juara Piala Dunia 2022, Argentina Terlilit Utang Ratusan Ribu Triliun Rupiah

- Selasa, 20 Desember 2022 | 07:28 WIB
Lionel Messi dengan Piala Dunia 2022. (internet)
Lionel Messi dengan Piala Dunia 2022. (internet)

Argentina berhasil menyabet juara dalam ajang bergengsi sepak bola, yakni Piala Dunia 2022. Kemenangan diraih Argentina setelah menumbangkan Prancis di laga final.

Argentina mengalahkan Prancis dalam adu penalti dengan skor 4-2. Kemenangan ini menjadi hadiah istimewa yang diberikan oleh Timnas sepak bola Argentina untuk negaranya.

Ironisnya, Argentina saat ini diketahui memiliki utang yang fantastis yaitu apabila dijumlahkan dan dikonversikan ke dalam rupiah bernilai sampai Rp515 ribu triliun.

Jumlah utang tersebut sangatlah besar dan berdampak buruk kepada warganya. Hal ini menyebabkan mulai terjadinya lonjakan inflasi yang tak terkira, menuju 100% untuk tahun ini.

Pada September 2022 silam, inflasi bahkan telah mencapai 82,9% secara tahunan yang menyebabkan warga Argentina yang berada pada garis batas kemiskinan semakin sulit memenuhi kebutuhan pokoknya dan harus melakukan berbagai upaya untuk sekadar mencari makan.

Lebih lanjut, diketahui bahwa akibat utang bernilai Rp515 ribu triliun ini menyebabkan warga semakin terhimpit jurang kemiskinan.

Para pekerja serabutan harus menjadi pemulung sampah untuk bisa memenuhi kebutuhan pangan keluarga atau dirinya sendiri, bahkan lebih ekstrem lagi harus antre di pasar barter untuk menukarkan barang-barang berharga atau yang bisa ditukarkan demi menyambung hidup.

Kenaikan yang mencapai 100% tersebut digadang-gadang sebagai keadaan inflasi paling tajam sejak periode hiperinflasi yang terjadi sekitar tahun 1990. Krisis ekonomi Argentina menjadi kasus yang paling ekstrem dalam resesi ekonomi dunia.

Apabila dirinci lebih detail lagi, mayoritas utang Argentina dalam mata uang dolar Amerika Serikat sebesar US$29,4 triliun atau setara 60,9% dari total utang.

Halaman:

Editor: Feri Heryanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pesawat Jatuh, 67 Orang Meninggal Dunia

Senin, 16 Januari 2023 | 07:41 WIB

Gempa M5,6 Guncang Nepal, 6 Orang Meninggal Dunia

Rabu, 9 November 2022 | 14:32 WIB

Korban Tragedi Itaewon Diakibatkan oleh Henti Jantung

Minggu, 30 Oktober 2022 | 14:04 WIB
X