Detik-Detik Gempa M 7,8 di Turki, Korban Terus Bertambah

- Senin, 6 Februari 2023 | 15:12 WIB
(internet)
(internet)

Puluhan orang diperkirakan meninggal dunia akibat gempa magnitudo 7,9 di Turki tengah dan Suriah barat laut pada, Senin pagi, 6 Februari 2023.

Selain itu, dampak gempa magnitufo 7,9 itu, ratusan orang terluka akibat runtuhnya bangunan. Tim penyelamat bekerja untuk menyelamatkan korban dari puing-puing di tengah daerah yang tertutup salju akibat gempa bumi.

Gempa magnitudo 7,9 yang terjadi pada pagi musim dingin yang mendung itu juga dirasakan di Siprus dan Lebanon.

"Saya tidak pernah merasakan hal seperti ini dalam 40 tahun hidup saya," kata Erdem, warga kota Gaziantep, Turki, dekat pusat gempa, yang menolak menyebutkan nama belakangnya.

Badan Penanggulangan Bencana Turki mengatakan 76 orang meninggal dunia dan 440 lainnya luka-luka, berdasarkan laporan dari tim penyelamat dan pesawat ke daerah sekitar kota Kahramanmaras.

Badan bencana Turki mengeluarkan peringatan level 4 serta menyerukan bantuan internasional.

Media pemerintah Suriah melaporkan sejumlah besar bangunan runtuh di Provinsi Aleppo, sementara sumber dari pegawai sipil Hama mengatakan bangunan juga runtuh.

Saksi mata mengatakan penduduk Damaskus dan kota Beirut dan Tripoli di Lebanon berlarian di jalan-jalan dan masuk ke dalam mobil untuk melarikan diri dari bangunan mereka jika runtuh.

Di Gaziantep, Turki, Erdem mengatakan orang-orang telah meninggalkan rumah mereka yang goyah dan terlalu takut untuk kembali.

"Semua orang duduk di mobil mereka atau mencoba mengemudi ke ruang terbuka yang jauh dari gedung," kata Erdem melalui telepon.

"Saya membayangkan tidak ada satu orang pun di Gaziantep yang ada di rumah mereka sekarang."

Sementara itu, Erdogan, dalam pernyataan melalui Twitter, mengatakan tim pencarian dan penyelamatan segera dikirim ke daerah yang terkena dampak gempa.

"Kami berharap bisa melewati bencana ini bersama secepat mungkin dan dengan kerusakan paling minimum," tulis Erdogan dalam pernyataan via Twitter.

Menteri Dalam Negeri Yurki, Suleyman Soylu secara terpisah, mengimbau warga untuk tidak memasuki gedung-gedung yang rusak karena risiko dan bahaya yang ada.

Halaman:

Editor: Feri Heryanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kisah Para Penyapu Koin di Jembatan Sewo

Kamis, 20 April 2023 | 07:55 WIB

Kudeta Berdarah di Sudan, Puluhan Orang Tewas

Minggu, 16 April 2023 | 11:09 WIB

PM Jepang Dilempar Bom Asap, Begini Kondisinya

Sabtu, 15 April 2023 | 13:27 WIB
X