Gempa Turki Terasa hingga Yunani, Ribuan Warga Meninggal Dunia

- Selasa, 7 Februari 2023 | 08:46 WIB
(internet)
(internet)

Korban meninggal dunia akibat gempa Turki telah meningkat menjadi 2.379, dengan angka terbaru yang tersedia dari Suriah mencapai 1.444. Ini membuat jumlah total korban tewas sejauh ini menjadi lebih dari 3.823.

Akibat gempa Turki ribuan korban lainnya dilaporkan terluka. Sedangkan upaya pemulihan masih jauh dan jumlah korban diperkirakan bakal terus meningkat.

Getaran gempa berkekuatan 7,8 skala richter yang mengguncang Turki, dirasakan hingga ke Lebanon, Yunani, Israel, Irak, dan pulau Siprus.

Dilansir dari The Guardian, misi penyelamatan internasional bergegas ke Turki dan Suriah pada hari Senin setelah salah satu gempa bumi paling kuat melanda wilayah tersebut.

Setidaknya dalam satu abad, gempa dahsyat yang melululantakan Turki menyebabkan lebih dari 3.800 orang tewas, ribuan terluka dan sejumlah orang yang tidak diketahui terperangkap di reruntuhan.

Gempa dini hari dan puluhan gempa susulan melenyapkan seluruh blok apartemen di Turki dan menumpuk lebih banyak kerusakan pada komunitas Suriah yang telah hancur akibat perang selama lebih dari satu dekade.

Gempa berkekuatan 7,8 SR, yang melanda dalam kegelapan pagi musim dingin. Ditambah lagi dengan gempa susulan berkekuatan 7,5 SR kedua di tengah hari pada hari Senin.

Menurut Survei Geologi AS, gempa tersebut terjadi pada pukul 4.17 waktu setempat pada kedalaman sekitar 11 mil (18 km) di dekat kota Gaziantep, Turki, yang merupakan rumah bagi sekitar 2 juta orang.

Diketahui, Turki berada di salah satu zona gempa paling aktif di dunia, dengan daratan yang membentang di atas garis patahan Anatolia di utara negara itu yang menyebabkan gempa besar dan merusak.

Bahkan, pada 1999 silam, ─░zmit dan wilayah Kocaeli sekitarnya, dekat Istanbul, juga pernah diguncang gempa berkekuatan 7,4, yang mana merupakan gempa terburuk melanda Turki dalam beberapa dekade.

Gempa itu menewaskan lebih dari 17.000 orang, termasuk setidaknya 1.000 orang di Istanbul, di tengah kehancuran yang meluas.

Menurut laporan layanan darurat negara itu, pada Senin sore, jumlah korban tewas di Turki mencapai 2.379 dan lebih dari 14.483 orang tercatat terluka.

Sementara itu, Yunus Sezer, yang mengepalai badan bantuan bencana Turki AFAD, mengatakan hampir 15.000 personel SAR telah dikerahkan ke wilayah tersebut.

Menurut angka dari pemerintah Damaskus dan petugas penyelamat di wilayah barat laut, setidaknya 1.444 orang tewas di Suriah.

Halaman:

Editor: Feri Heryanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kisah Para Penyapu Koin di Jembatan Sewo

Kamis, 20 April 2023 | 07:55 WIB

Kudeta Berdarah di Sudan, Puluhan Orang Tewas

Minggu, 16 April 2023 | 11:09 WIB

PM Jepang Dilempar Bom Asap, Begini Kondisinya

Sabtu, 15 April 2023 | 13:27 WIB
X