Tim DVI Polri Mengidentifikasi 2 Jenazah Baru WNI Korban Gempa Turki

- Senin, 20 Februari 2023 | 13:27 WIB
Dampak gempa Turki. (internet)
Dampak gempa Turki. (internet)

Dua WNI yang sempat dinyatakan hilang kontak pasca gempa Turki ditemukan dalam kondisi meninggal dunia di Kota Diyarbakır.

Dalam proses mengidentifikasi kedua korban tim DVI Polri diterjunkan langsung untuk melakukan identifikasi final.

Tim disaster victim identification atau DVI Polri telah bekerja sama dengan otoritas pemerintah Turki, KBRI Ankara dan Kementerian Luar Negeri dalam proses melakukan identifikasi terhadap dua WNI korban tewas gempa turki yang baru ditemukan.

Jenazah korban ditemukan di Kota Diyarbakır dan segera diterbangkan ke Kota Adana untuk dilakukannya proses identifikasi.

Berdasarkan catatan medis properti dan gigi kedua jenazah dapat dikonfirmasi cocok dengan antemortem yang sebelumnya sudah diambil dari keluarga di Indonesia.

Kedua korban berjenis kelamin perempuan atas nama Irma Lestari (33) asal Lombok dan Ni Wayan Supini (45) asal Bali.

"Kami tim DVI Polri telah mengidentifikasi dua jenazah yang diduga warga negara Indonesia, proses identifikasi telah berjalan lancar dan mendapat dukungan dari pihak otoritas setempat KBRI Ankara, Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, dan pihak-pihak terkait baik yang ada di Turki maupun di Indonesia, perlu disampaikan juga sebelumnya kami telah berkoordinasi dengan Polda Bali untuk mengambil data antemortem," ujar Brigjen Gatot Tri Suryanta, Kasatgas Polri untuk misi kemanusiaan Turki.

Kedua WNI tersebut ditemukan meninggal di Kota Diyarbakır, Turki pada Jumat 17 Februari 2023 lalu.

Jenazah kedua warga negera Indonesia itu ditemukan oleh tim Indonesia Search and Rescue atau INASAR yang berangkat ke Diyarbakır pada Kamis 16 Februari 2023 lalu.

Kedua jenazah ditemukan di bawah reruntuhan apartemen setelah tertimbun kurang lebih selama dua pekan.

Jenazah rencananya akan dipulangkan ke tanah air pada rabu 22 Februari 2023.

Dengan ditemukannya dua jenazah baru ini total hingga saat ini ada empat warga negara Indonesia yang menjadi korban meninggal dunia dalam gempa Turki.

"Tim INASAR berangkat pada 16 Februari ke Diyarbakır kemudian melakukan pencarian dan pada tanggal 17 kita mendapatkan informasi bahwa sudah ditemukan dua jenazah, lalu kita lakukan identifikasi sampai tiga kali kita lakukan identifikasi untuk meyakinkan dan memastikan bahwa kedua jenazah itu adalah dua WNI yang kehilangan kontak selama ini, dan dalam proses identifikasi itu kita libatkan tim DVI Polri yang melakukan identifikasi final sehingga terkonfirmasi bahwa keduanya sesuai dengan data yang kita miliki," ujar Lalu Muhammad Iqbal, Kedubes Indonesia untuk Turki.

Keluarga kedua WNI korban meninggal gempa Turki sendiri sudah dihubungi langsung oleh Kedubes Indonesia untuk Turki, Lalu Muhammad Iqbal untuk menyampaikan berita duka terkait kedua WNI yang sempat hilang kontak beberapa waktu lalu itu.*

Halaman:

Editor: Feri Heryanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kisah Para Penyapu Koin di Jembatan Sewo

Kamis, 20 April 2023 | 07:55 WIB

Kudeta Berdarah di Sudan, Puluhan Orang Tewas

Minggu, 16 April 2023 | 11:09 WIB

PM Jepang Dilempar Bom Asap, Begini Kondisinya

Sabtu, 15 April 2023 | 13:27 WIB
X