Usai Jakarta, London Diprediksi Akan Tenggelam 10 Tahun Lagi

- Jumat, 13 Agustus 2021 | 13:46 WIB
(pikiran-rakyat.com)
(pikiran-rakyat.com)

Kenaikan permukaan laut dalam beberapa dekade mendatang memberi potensi tenggelamnya sejumlah bagian Ibu Kota Inggris, London pada 2030.

Peta yang dibuat menggunakan perangkat lunak baru yang dikembangkan oleh badan antariksa Amerika Serikat (NASA) itu menunjukkan dinamika kenaikan permukaan laut dari 2020 hingga 2150. Peta tersebut juga memberikan informasi tentang pencairan gletser dan perubahan sirkulasi arus lintas samudra, demikian diwartakan Sputnik.

Menurut peta tersebut, wilayah yang luas di pusat kota London sekarang terancam oleh banjir reguler yang akan membuat beberapa bagian terendam secara permanen.

Ibu kota Inggris itu mengalami hujan lebat pekan lalu yang menyebabkan banjir massal, mengganggu lalu lintas mobil dan angkutan massal, terutama di Distrik Battersea dan Tooting. Bencana tersebut merupakan yang ketiga dalam beberapa pekan terakhir.

Sejumlah wilayah Eropa, khususnya Austria, Belgia, dan Jerman juga mengalami bencana banjir para dalam beberapa waktu belakangan, yang disebut sebagai dampak dari perubahan iklim. Banjir besar melanda sejumlah negara Eropa bulan lalu menewaskan 229 orang.

Perubahan iklim juga disebut menyebabkan bencana banjir dan kebakaran hutan di sejumlah wilayah lain termasuk India, Turki, dan Korea Utara.

Menurut para ilmuwan, pemanasan global akibat perubahan iklim menyebabkan peningkatan suhu rata-rata tahunan yang menyebabkan gletser mencair dan permukaan laut kemudian naik. Perubahan tersebut mengganggu keseimbangan alam semua ekosistem, mengganggu pola curah hujan, menyebabkan anomali suhu dan meningkatkan frekuensi bencana alam seperti angin topan, banjir dan kekeringan.

Prediksi terkait potensi tenggelamnya London ini muncul setelah ibu kota negara lain juga diprediksi akan terendam air dalam satu dekade mendatang.

Bulan lalu Presiden Amerika Serikat Joe Biden menyebut bahwa Jakarta akan tenggelam dalam waktu 10 tahun mendatang. Prediksi itu disampaikan Biden saat berpidato mengenai perubahan iklim di depan pejabat intelijen AS.*

Halaman:

Editor: Feri Heryanto

Tags

Terkini

Gempa Berkekuatan 6 Magnitudo Landa Taiwan

Senin, 20 Juni 2022 | 12:57 WIB

Manusia Cyborg Pertama di Dunia Tutup Usia

Sabtu, 18 Juni 2022 | 15:12 WIB

Turki Resmi Ganti Nama Jadi Turkiye

Jumat, 3 Juni 2022 | 13:18 WIB

Pohon Ini Dipercaya Berusia sekitar 5000 Tahun

Sabtu, 28 Mei 2022 | 14:20 WIB

Lupa Password Laptop, Berikut Solusinya

Kamis, 26 Mei 2022 | 10:11 WIB

Al Noor Mosque, Satu-satunya Masjid di Hanoi

Senin, 16 Mei 2022 | 10:34 WIB
X