Merasa lelah Karena Overthinking, Coba Lakukan 5 Cara Ini Untuk Menghentikannya

- Minggu, 19 September 2021 | 14:25 WIB
Ilustrasi (Pixabay/Engin_Akyurt)
Ilustrasi (Pixabay/Engin_Akyurt)

 

Terjebak pada penyesalan dari masa lalu dan terlalu terpaku pada skenario “bagaimana kalau…,” mungkin sering Anda alami. Pikiran seperti ini mungkin terlihat biasa, tapi jangan salah, bila Anda sering melakukannya, ini bisa menjadi tanda overthinking.

Overthinking adalah istilah yang sering ditujukan pada orang-orang yang terlalu banyak berpikir. Namun jangan keliru menyamakannya dengan pemikir, orang yang bersikap seperti ini sering kali memikirkan hal-hal sepele secara berlebihan. Sikap seperti ini ternyata bisa meningkatkan risiko terjadinya penyakit mental.

Melansir Times of India, kita harus belajar mengendalikan overthinking agar tak keblabasan. Berikut cara menghentikan diri Anda dari overthinking.

1. Tanyakan pada diri sendiri apakah overthinking itu produktif

Mendesak otak Anda untuk mencari solusi yang mungkin dan membuatnya bekerja untuk memetakan rencana sangat berguna. Namun, terlalu banyak berpikir dan bolak-balik pada ide yang sama dapat melumpuhkan pikiran Anda.

Maka coba tanyakan kepada diri Anda, apa overthinking itu produktif?

2. Alihkan perhatian Anda kepada hal-hal yang lebih penting

Daripada berkutat pada pemikiran yang tidak menghasilkan manfaat dan hanya bikin cemas, maka segara alihkan perhatian Anda pada kegiatan yang produktif.

Habiskan lebih banyak waktu dengan teman dan keluarga yang membuat Anda rileks, jangan habiskan waktu dengan teman yang membuat Anda makin cemas ya!

Halaman:

Editor: Puspita Indah Cahyani

Tags

Terkini

Rossa dan Afgan di New York, Apa Komentar Netizen?

Kamis, 28 Oktober 2021 | 11:09 WIB

Segarkan Mulut Usai Makan Jengkol atau Petai

Selasa, 26 Oktober 2021 | 09:11 WIB
X