2 Oktober Hari Batik Nasional. Ini Asal Usulnya

- Sabtu, 2 Oktober 2021 | 10:03 WIB
(pikiran-rakyat.com)
(pikiran-rakyat.com)

Hari Batik Nasional selalu dirayakan setiap 2 Oktober. Mengapa Hari Batik dirayakan setiap tahun pada tanggal tersebut?

Dalam sejarahnya, pada 2 Oktober 2009 lalu, UNESCO menetapkan batik sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan budaya takbenda atau Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity.

Penetapan ini sekaligus menjadi pengakuan bahwa batik merupakan budaya asli Indonesia. Pengakuan dan penetapan itu melalui perjalanan panjang. Bahkan batik Indonesia harus bersaing dengan sejumlah warisan budaya tak benda dari negara lain.

Baca Juga: Mensos Risma Marah-Marah ke Warganya, Gubernur Gorontalo Tersinggung

Batik pertama kali diperkenalkan kepada dunia internasional oleh Presiden Soeharto saat mengikuti konferensi PBB. Batik Indonesia didaftarkan untuk mendapat status intangible cultural heritage (ICH) melalui kantor UNESCO di Jakarta oleh kantor Menko Kesejahteraan Rakyat mewakili pemerintah dan komunitas batik Indonesia, pada 4 September 2008.

Pengajuan itu pun membuahkan hasil bagi pemerintahan Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono.

Baca Juga: Main Game Juga Bisa Jaga Kesehatan Mental Anak

Pada 9 Januari 2009, pengajuan batik untuk Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi UNESCO diterima secara resmi.

Batik dikukuhkan pada sidang keempat Komite Antar-Pemerintah tentang Warisan Budaya Nonbendawi yang diselenggarakan UNESCO di Abu Dhabi pada 2 Oktober 2009. Pada sidang tersebut batik resmi terdaftar sebagai Warisan Kemanusiaan Karya Agung Budaya Lisan dan Nonbendawi di UNESCO.

Halaman:

Editor: Feri Heryanto

Tags

Terkini

X