Begini Cara Menolak Ajakan Bukber Biar Nggak Dikira Sombong

- Senin, 18 April 2022 | 10:12 WIB
ilustrasi (pikiran-rakyat.com)
ilustrasi (pikiran-rakyat.com)

Salah satu tradisi yang selalu ada saat Ramadhan adalah buka bersama alias bukber. Undangan acara silaturahmi ini biasanya datang saat pertengahan atau akhir-akhir bulan puasa.

Ajakan ini biasanya datang dari teman TK, SD, SMP, SMA, kuliah, kantor, dan masih banyak lagi.

Walaupun sebenarnya tujuan dari acara seperti ini adalah untuk seru-seruan. Tapi faktanya, banyak orang yang gak nyaman dan menghindari acara buka bersama.

Baca Juga: Chelsea ke Final Piala FA, Mason Mount: Saatnya Juara

Hal tersebut tentu saja terjadi karena di samping nilai positifnya, tentu bukber memiliki nilai yang dipandang negatif. Di antaranya seperti pemborosan, menjadi ajang pamer, maupun menjadi ajang membicarakan orang lain.

Nah, buat kamu yang sering diajak buka bersama padahal kamu tidak terlalu menyukainya. Berikut beberapa cara sopan yang bisa kamu gunakan untuk menolak ajakan bukber.

1. Ingin menghabiskan waktu berbuka bersama keluarga
Buat kamu anak rantau yang kebetulan sedang mudik ke kampung halaman, pastinya akan ada ajakan buka bersama dari teman-temanmu di rumah.

Alasan paling pas untuk menolak ajakan buka bersama adalah, karena kamu jarang sekali berada di rumah, maka kamu akan menghabiskan momen buka bersama dengan keluarga tercinta.

Karena selain melepas rindu, tentunya berbuka bersama di rumah akan jauh lebih hemat bahkan gratis daripada kamu harus makan di luar.

Halaman:

Editor: Feri Heryanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kesalehan Bermedia Sosial

Kamis, 16 Juni 2022 | 12:43 WIB
X