Ingin Beli Mobil yang Murah dan Irit? Ini Tips-nya

- Minggu, 6 Juni 2021 | 09:33 WIB
ilustrasi (internet)
ilustrasi (internet)

Kini, konsumen semakin dimanjakan dengan banyaknya varian kendaraan pribadi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya, mobil jenis MPV yang sangat cocok untuk keluarga atau mobil sedan untuk pemakaian pribadi.

Bagi masyarakat yang ingin membeli mobil, mungkin tips ini bisa menjadi panduan.

Pertama, tentukan pabrikan kendaraan
Pabrikan mobil bermacam-macam, mulai dari kelas atas, menengah, dan bawah. Makanya penting untuk menentukan pabrik mana yang memproduksi mobil karena ini cukup berpengaruh pada harga mobil itu sendiri.

Antara pabrikan Jepang dan Eropa, misalnya, mobil yang diproduksi di Eropa jelas lebih mahal karena standarisasinya sudah berbeda. Belum ditambah pajak masuk ke Indonesia.

Menentukan pabrikan kendaraan akan memudahkan Anda untuk menyiapkan budget yang pas. Alhasil, mobil bisa segera parkir di depan rumah dalam waktu dekat.

Kedua, perhatikan kebutuhan
Selanjutnya adalah perhatikan kebutuhan. Artinya siapa yang akan memakai mobil tersebut? Jika pemakaiannya untuk keluarga, maka mobil jenis MPV adalah pilihan yang tepat.

Lain halnya kalau untuk pemakaian pribadi, mobil MPV tentunya kebesaran. Kecuali kalau dalam waktu dekat Anda berencana untuk menikah, baru cocok.

Dengan memperhatikan kebutuhan, pembelian menjadi lebih tepat. Mobil dapat memberi manfaat yang efektif untuk yang menggunakannya.

Ketiga, perhatikan spesifikasi mobil
Namanya masyarakat awam, tentu tidak tahu-menahu tentang spesifikasi mobil. Apalagi melihat banyaknya jenis dan merek mobil sekarang. Ada baiknya cari tahu spesifikasi mobil secara detail dan lengkap lewat internet maupun sosial media.

Mengingat sumber informasinya banyak dan berbeda, maka penting untuk membandingkan antara sumber yang satu dan lainnya. Tujuannya untuk menghindari kesalahan informasi yang dapat merugikan Anda sendiri.

Jika ini kali pertama Anda membeli mobil, sebaiknya mintalah saran teman yang sudah pernah membeli mobil. Jadi, pembelian benar-benar tepat sesuai.

Keempat, pertimbangkan kenyamanan berkendara
Pilihan mobil murah dan irit itu banyak, tapi yang menjadi permasalahan adalah apakah mobil itu nyaman dikendarai? Karena memang tingkat kenyamanan masing-masing pengemudi berbeda satu sama lain. Anda mungkin lebih senang mengendarai mobil yang kursinya empuk, tapi pengemudi lain bisa jadi nyaman dengan kursi tipe biasa.

Sebaiknya lakukan test drive untuk mengetahui tingkat kenyamanan berkendara. Cukup 10-15 menit dibawa berkeliling, Anda bisa tahu apakah mobil itu tepat atau tidak.

Jika kurang tepat, Anda bisa mencari mobil tipe lain dan kembali melakukan test drive. Dengan catatan, harga mobilnya tetap disesuaikan sama budget, ya.

Kelima, dilengkapi berbagai fitur
Namanya membeli sesuatu, apalagi yang harganya lumayan mahal, Anda pasti mempertimbangkan fitur-fiturnya. Benar, kan? Sama seperti mobil, Anda juga harus mencari tahu fitur apa saja yang disematkan pada mobil sebelum membelinya.

Pastikan mobil dilengkapi fitur keselamatan, seperti dual SRS airbags, auto lock, sabuk pengaman yang berfungsi dengan baik, rem, dan fitur Electronic Brakeforce Distribution (EBD).

Selain itu, pertimbangkan pula fitur hiburan pada mobil. Fitur ini penting bagi Anda yang sering melakukan perjalanan jauh, sehingga perjalanan tetap terasa menyenangkan.

Keenam, hemat bahan bakar
Bahan bakar menjadi salah satu yang mesti dipertimbangkan saat membeli sebuah mobil. Cukup masuk akal karena mobil yang boros bahan bakar dapat menambah pengeluaran bulanan.

Maka dari itu, cek tipe mesin seperti apa yang disematkan pada mobil. Semakin handal mesinnya, biasanya semakin boros bahan bakarnya.

Tapi, ada juga beberapa kendaraan bermesin handal yang hemat bahan bakar. Inilah yang bisa dijadikan pilihan, sehingga konsumsi bahan bakar tetap irit walaupun mobil sering dipakai.

Tujuh, hindari pembelian secara kredit
Membeli mobil secara kredit sekilas kelihatan murah karena uang yang dikeluarkan lebih sedikit dibandingkan membeli cash. Tapi, ketahuilah kalau pengeluaran Anda justru semakin besar kalau beli mobil dengan cara kredit. Sebab, pembelian ini akan dikenakan bunga dalam persentase tertentu.

Di sisi lain, mobil juga mengalami penyusutan setiap tahun yang membuat harganya ikut menurun seiring berjalannya waktu.

Belilah mobil secara cash untuk menghindari beban bunga, juga kredit macet. Lebih baik menunggu supaya bisa beli cash daripada menggebu-gebu, tapi utang.

Beli Mobil Jangan karena Gengsi
Itu dia tips memilih mobil yang murah dan irit. Belilah mobil karena Anda membutuhkannya untuk menunjang aktivitas maupun mobilisasi sehari-hari, jadi bukan semata-mata karena gengsi. Butuh pertimbangan yang matang karena harga mobil tidaklah murah.*

(sumber: republika.co.id)

Editor: fery haluan

Terkini

Intip Koleksi Moge Indro Warkop, Ada HD Militer Amerika

Minggu, 26 September 2021 | 11:42 WIB

Kebiasaan Ini Bisa Membuat Hidup Kamu Lebih Bahagia

Rabu, 22 September 2021 | 14:45 WIB

Merokok Hilangkan Stres, Mitos atau Fakta?

Minggu, 19 September 2021 | 10:05 WIB

Ini Tanda Bahwa Kamu Over Dalam Bekerja, Istirahatlah!

Jumat, 17 September 2021 | 15:13 WIB
X